Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai pola kegiatan pembelajaran yang dipilih dan digunakan oleh guru secara konstektual sesuai dengan karakteristik peserta didik, kondisi sekolah, lingkungan sekitar dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
Strategi pembelajaran terdiri dari metode, teknik, dan prosedur yang akan menjamin peserta didik akan betul-betul mencapai tujuan pembelajaran.
A. Konsep belajar AUD
Konsep pembelajaran anak usia dini sangat berbeda dengan pembelajaran peserta didik pada umumnya. pembelajaran akan terlaksana pada anak usia dini ketika ada aktivitas yang menarik, menantang, dan menyenangkan seperti learning by playing, playing by learning, ang learning by doing.
B. Strategi dalam pengorganisasian pembelajaran
Pengorganisasian pembelajaran secara khusus merupakan fase yang sangat penting dalam rancangan pembelajaran.
C. Strategi dalam penyampaian pembelajaranÂ
Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian kegiatan)yang termasuk juga penggunaan metode dan manfaat sumber daya dalam pembelajaran, dalam menyusun strategi pembelajaran perlu memperhitungkan beberapa faktor, baik dari dalam maupun dari luar, agar memperolehkesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
D. Strategi dalam pengelolaan kelas
Usaha yang dengan sengaja dilakukan oleh guru agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya pengelolaan kelas, pembelajaran sebagai suatu proses memiliki strategi dalam upaya untuk menjadikan pembelajaran yang efektif. Dalam pengelolaan kelas meliputi: penataan lingkungan belajar, cara guru dalam mengajar, pengaturan perilaku dan memberikan motivasi kepada siswa.