Saepullah
Saepullah karyawan swasta

Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Wow, SAVASA Kembangkan Inovasi Perumahan Skala Internasional Bergaya Jepang

21 September 2018   08:30 Diperbarui: 21 September 2018   08:53 869 1 7
Wow, SAVASA Kembangkan Inovasi Perumahan Skala Internasional Bergaya Jepang
maket hunian SAVASA (dokpri)

SAVASA yang merupakan sebuah perumahan baru yang akan dibangun di kawasan Deltamas Cikarang baru dibuka pada Sabtu (15/9) untuk gedung Marketing Gallerynya. Dan pada kesempatan tersebut saya mendatangi lokasi Grand Launching Marketing Gallery SAVASA di Deltamas Cikarang Bekasi tersebut.

Sebagaimana yang diketahui bahwa kawasan Deltamas adalah kawasan dengan hunian perumahan masyarakat modern yang juga dipadu dengan adanya beberapa pabrik perusahaan tertentu. SAVASA merupakan salah satu pengembang perumahan yang dilaksanakan oleh Joint Venture dari PT. Panasonic Group Jepang dengan Sinarmas Land. Perpaduan tersebut menambah bertambahnya perumahan elit modern di kawasan Cikarang, Bekasi tersebut.

Vlog Grand Launching oleh akun youtube Saepullah (dokpri)

Konsep perumahan yang akan dibangun di SAVASA memakai tagline yaitu SMART Lifestyle. Makna dari Smart Lifestyle ini berkaca kepada kota pintar, dimana ada pengembangan pada empat konsep dasar yaitu Smart Township, Smart Security, Smart Home, dan Smart Community.

Kazuhiko Tanaka yang menjabat sebagai President Director PT. Panahome Deltamas Indonesia (PHDI) dalam sebuah kata sambutannya di hadapan undangan yang hadir mengatakan bahwa Panasonic Homes sudah berpengalaman selama 54 tahun membangun lebih dari 490.000 rumah di Jepang, dan akan menyebar ke negara lain termasuk Indonesia. "Teknologi perumahan yang pernah dilakukan di Jepang oleh PT. Panasonic Homes merambah ke Taiwan, Malaysia dan kini ke Indonesia," papar pria yang juga menjabat sebagai Presiden Director PT. Panasonis Homes Gobel Indonesia.

Bukan saja dalam penyebaran perluasan inovasi rumah tahan gempa yang sekarang juga marak dilakukan di Lombok yang sedang masa recovery, namun lebih dari itu bahwa SMART HOME yang akan dibangun SAVASA menggunakan teknologi Wall Precast Concrete (W-PC) yang berguna untuk memberikan solusi dari adanya ujian dari gempa. "Teknologi W-PC kami yang khas dapat memberikan solusi untuk backlog 13 juta rumah di Indonesia yaitu dengan mempersingkat masa konstruksi, setidaknya tiga bulan diiringi mempertahankan kualitas terbaik," lanjut Kazuhiko Tanaka.

Lebih dari itu, Kazuhiko juga berharap bahwa PT. Panasonic Homes Gobel Indonesia bersama PT. Sinarmas Land dalam membangun perumahan untuk mencapai pembangunan kota yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan kelestarian dan keselamatan lingkungan, serta diusahakan untuk dipersiapkan perumahan klaster berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia.

SAVASA yang mengambil tagline dengan SMART Township  nya memang peduli dengan lingkungan yang dibuktikan dengan adanya alokasi area yang didedikasikan untuk pertanian perkotaan di area clusternya. Adanya fitur bioswale dan tangki air di SAVASA Deltamas akan berfungi dalam menyimpan air hujan dan mencegah banjir. Konsep tambahan lainnya dari perumahan di SAVASA yaitu dengan teknologi ramah lingkungannya dengan solar-farm yang terpusat. Solar farm yang dibuat tersebut memiliki tujuan untuk memasok kebutuhan listrik dalam hal penerangan lampu LED di jalan umum dan fasilitas umum di SAVASA.

Selanjutnya dalam kata sambutannya pula Hongky Jeffry Nantung sebagai Presiden Director PT. Puradelta Lestari, Tbk (PDL) dan CEO Commercial Sinarmas Land menyampaikan bahwa SAVASA yang dimaksudkan untuk membangun kota berkelanjutan menunjukkan komitmen kuat dari SAVASA untuk pelestarian lingkungan dan keselamatan. 

Kondisi SAVASA yang bermaksud membangun kota dengan populasi sekitar 10.000 yang tinggal di sekitar 2.500 unit rumah ini justru akan menjadi hal yang baik dalam peningkatan kehidupan berkualitas tinggi bagi para pekerja di kawasan industri dan keluarga yang memiliki anak-anak. "Harga awal yang akan ditawarkan SAVASA kepada konsumen untuk rumah ramah lingkungan SAVASA yaitu sebesar 978 juta rupiah dengan NUP sebesar 5 juta rupiah," ucap Hongky.

Dalam hal pembangunan SAVASA yang memiliki luas sekitar 37 hektar ini akan dimulai pada tiga tahap pembangunan. Dimana pada tahap pertama pembangunan SAVASA akan dibangun di atas lahan seluas 13 hektarnya dimana akan dibangun 331 rumah dengan 33 toko. Pada acara Grand Launching Marketing Gallery SAVASA tersebut pula dikatakan bahwa pada tahap awal akan dibangun dua tipe rumah dengan masing-masing tipe terdiri dari dua lantai. 

Tipe yang direncanakan akan dibangun pada tahap awal yaitu tipe A dengan luas bangunan 64 m2 dari luas tanah 66 m2 dengan dua kamar tidur sedangkan Tipe B dengan luas bangunan 80 m2 dari luas tanah yang tersedia sebesar 84 m2 dengan tiga kamar tidur.

Konsep pembangunan rumah yang ada di SAVASA tersebut dilengkapi dengan carport di setiap unit, juga terdapat fitur keamanan pintar seperti dua kamera CCTV yang terpasang di dalam rumah dan di luar rumah, sensor sinar infrared, serta sistem kartu akses untuk para penghuni. Kamera CCTV di dalam rumah untuk memantau kondisi anak sedangkan kamera CCTV yang terpasang di luar rumah untuk memantau pengunjung rumah. Sensor sinar infra red akan menjaga rumah dari ada maling, serta bisa juga sebagai penghemat daya yaitu lampu akan padam dengan sendirinya jika memang sudah tidak digunakan lagi. 

Selain itu, dengan sinar infra red juga bisa membantu untuk menyalakan lampu dengan sendirinya. Sistem kartu akses untuk para penghuni sangat berguna yaitu tidak ada yang bisa memasuki rumah tanpa adanya kartu akses tersebut. Dan keunikan lainnya yaitu hunian rumah di SAVASA juga akan dilengkapi dengan fasilitas publik seperti tempat pengisian daya seluler dan laptop umum, delivery dropbox untuk menjaga keamanan klaster selama pengiriman barang.

Video Profile (diambil dari akun youtube resmi SAVASA)

SAVASA juga terletak pada lahan yang strategis dimana terhubung dengan beberapa wilayah. SAVASA Deltamas terletak tidak jauh dari kereta cepat Jakarta-Bandung yaitu Stasiun Karawang yaitu hanya 5 menit. Disamping itu pula SAVASA terletak hanya 90 menit dari Bandung dengan keluar dari Tol KM 41,6 yang akan dibangun segera, dan 60 menit dari Jakarta yang keluar dari jalan tol Jakarta-Cikampek yang sudah ada yaitu KM 37 gerbang tol keluar Cikarang Pusat.

Letak strategis lainnya dari SAVASA yaitu berada di jantung Kota Deltamas yang sedang banyak mengembangkan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung life, work, dan play. SAVASA dekat dengan beberapa sekolah yang juga terletak di Deltamas diantaranya yaitu Fajar Hidayah, kompleks pendidikan Korea, sekolah Pangudi Luhur, Sekolah Pemerintahan Jepang (yang baru akan dibangun yang akan menjadi sekolah Pemerintahan Jepang kedua setelah saat ini sekolah pemerintahan Jepang yang pertama yaitu terletak di BSD Tangerang), sekolah vokasi Ananda Mitra Industri Deltamas, serta Kampus ITSB (kampus kolaborasi Sinarmas dengan ITB). Di SAVASA juga akan direncanakan dibangun AEON Mall selaku pusat perbelanjaan nantinya, serta akan dibangun juga unit kesehatan yaitu Rumah Sakit Mitra keluarga.

Menghadiri Grand Launching SAVASA yang bergaya internasional tersebut dengan teknologi tahan gempa karena konstruksinya yang kokoh dengan adanya bantuan teknologi POWERTECH panasonic. Selain itu konsep rumah SAVASA juga mendukung adanya udara yang bersih dengan adanya cross ventilation yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi udara dan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan sehat. Sedangkan teknologi lainnya yang digunakan yaitu adanya sistem penyaring udara dan ventilasi Puretech untuk menyaring 97% debu, kotoran, dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah.

SAVASA yang dibangun dengan konsep rumah berteknologi tahan gempa seperti di jepang tersebut merupakan hasil kerjasama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dengan Jepang. Rahmat Gobel selaku Presiden Komisaris Grup Panasonic Gobel mengatakan bahwa investasi yang besar menggambarkan bagaimana kuatnya ekonomi Indonesia. "Ada tiga hal yang bisa dilihat dari adanya kekuatan ekonomi tersebut khususnya terkait kerjasama Indonesia-Jepang di bidang ekonomi yaitu Pembangunan Infrastruktur yang ada di Jakarta melalui MRT (Mass Rapid Transport), Pelabuhan Paimbun yang akan dilaksanakan, serta tol jakarta Surabaya yang akan dilaksanakan juga.," ucapnya saat memberikan kata sambutan.

Rachmat Gobel juga melanjutkan bahwa kerjasama Indonesia Jepang khususnya dari proyek perumahan SAVASA ini semakin menambah investasi untuk kekuatan ekonomi di Indonesia juga. Pembangunan Perumahan dengan konsep International juga menunjukan sebuah kekuatan Indnesia di infrastruktur. "Oleh sebab itu proyek SAVASA menjadi satu proyek yang sudah mendapatkan ijin khusus dari pemda Bekasi dan akan dilaksanakan segera untuk menunjukkan kekuatan ekonomi Indonesia dengan adanya rumah tahan gempa berskala internasional," ucap pria mantan menteri perdagangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2