Mohon tunggu...
Ahmad Sadulloh
Ahmad Sadulloh Mohon Tunggu... Penulis - Writer pemula

Hobi game membaca dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Israel Adesanya Siap "Bertarung Sampai Mati" Melawan Sean Strickland hingga Pelatihnya Berkata "Mari Kita Bermain Taktis"

9 Januari 2024   23:01 Diperbarui: 9 Januari 2024   23:04 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pinterest.com/gp760558/

Perjalanan menuju UFC 293 pada bulan September terasa sangat mirip dengan UFC 300 yang akan datang pada bulan April ini. Memang, ada jeda waktu yang lebih panjang antara sekarang dan "super show" itu, tetapi dunia MMA menunggu lebih lama dari yang diharapkan, bertanya-tanya, "Apa yang akan mereka lakukan dengan pertarungan utama UFC 293?"

Pertarungan selalu harus melibatkan Adesanya dengan acara yang diumumkan untuk Sydney, Australia, dengan jaminan kembalinya juara kelas menengah saat itu... tanpa lawan, dan sebelum Robert Whittaker dan Dricus Du Plessis bertarung di UFC 290 pada bulan Juli. Du Plessis menang, namun cedera, dan masuklah Sean Strickland hampir seperti tanpa persiapan. "Tarzan" tampil luar biasa dalam pertarungan juara kelas menengah UFC pertamanya, meskipun tampil defensif menghadapi Adesanya untuk memenangkan keputusan bulat dan merebut takhta kelas 185 pound. Jika dilihat dari belakang, "The Last Stylebender" berharap dia meningkatkan agresinya atas saran pelatih lamanya, Eugene Bareman.

"Aku tidak pernah putus asa," kata Adesanya di saluran YouTube-nya. "Aku kembali ke sudut, ronde tiga atau ronde empat, apa pun itu, aku berkata, 'Baiklah, kita akan melewati ronde ini, kita harus melewati ronde ini.' Bahkan seperti, ketika aku bertanya kepada Eugene di ronde kelima, aku berkata 'Haruskah aku pergi saja?' dan dia berkata, 'Tidak, mari kita bermain taktis.' Aku ingin agaknya berkata, 'Sudahlah, ayo pergi.' Seperti, jika aku mati, aku mati, seperti, pergi dengan gagahnya. Bertarung atau mati."

"Dia berkata, 'Mari kita bermain taktis.' Sampai pada titik di mana saya menyadari pertarungan ini sudah menjauh dari saya. Ada saatnya saya merasa, 'Sial. Sudah terlalu jauh.' Seperti saat seseorang dalam perlombaan lari 100 meter, lawannya sudah terlalu jauh di depan dan saya tidak bisa mengejarnya. Saya berusaha sebaik mungkin untuk mencoba mengakhiri pertarungan itu di ronde awal. Meskipun begitu, saya tidak pernah kehilangan harapan, itulah yang penting."

Meskipun Adesanya merasa sangat mendesak, dia hanya memenangkan ronde kedua menurut kartu skor ketiga juri melawan Strickland. Namun, selain itu, pertunjukan sepenuhnya milik Strickland saat petarung Amerika itu memenangkan semua ronde lainnya.

Pertahanan gelar pertama Strickland sebagai juara hampir tiba dengan pertarungan melawan Di Plessis yang dijadwalkan berlangsung di UFC 297 di Toronto, Ontario, Kanada, pada Sabtu depan. Sementara itu, Adesanya tetap sabar menantikan kembalinya setelah dia menderita kekalahan dalam dua dari tiga pertarungan terakhirnya (24-3 secara keseluruhan), dua di antaranya berlawanan dengan rival lamanya, Alex Pereira.

"Saya bersabar," ujar Adesanya. "Saya memiliki kesabaran dan melihat jangka panjang. Lihat pertarungan dengan Pereira. Saya tidak pernah mencari --- setelah pertarungan [kickboxing] kedua di Brasil, dia menyerang saya. Saya pikir, 'Baiklah. Itu dia.' Kemudian dia mengejar saya ke UFC. Itu bagian dari cerita. Sampai ke Madison Square Garden, dia mengalahkan saya dengan hampir cara yang sama persis. Saya pikir, 'Sial. Lagi-lagi ronde terakhir.' Dan saya menginginkan pertandingan ulang karena saya tahu dalam hati saya bahwa saya bisa mengalahkannya.

"Jadi, ketika saya sampai pada titik itu di Miami [untuk UFC 287], saya hanya tahu inilah saatnya. Saya harus mengalahkan orang ini. Dan lagi, itu memakan waktu tujuh tahun, saya pikir, untuk sampai pada titik itu. Kesabaran."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun