Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Sepeda Akan Jadi Moda Mobilitas Eropa 2030

18 September 2019   06:29 Diperbarui: 18 September 2019   07:52 0 1 1 Mohon Tunggu...
Sepeda Akan Jadi Moda Mobilitas Eropa 2030
Para pesepeda di jalanan Kopenhagen Denmark (doc.City Clock Mag./ed.Wahyuni)

Organisasi lingkungan internasional Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC,  Panel Antar Pemerintahan untuk Perubahan Cuaca) memperkirakan bahwa hanya ada waktu sampai tahun 2030 untuk secara signifikan mengurangi dampak lingkungan dari sistem transportasi kita dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai yang diamanahkan dalam Paris Agreement.

Salah satu cara untuk memenuhi tujuan-tujuan di atas, menurut Christophe Najdovski Ketua European Cylist Federation (ECF, Federasi Pesepeda Eropa) dan Wakil Walikota Paris, sekaligus mengurangi dampak buruk perubahan iklim adalah dengan bersepeda (The Parliament Magazine, 16 September 2019).

Sepeda memang bukan solusi transportasi baru, seperti juga jalan kaki, namun masih merupakan moda transportasi yang paling ramah lingkungan sehingga memenuhi syarat untuk diintegrasikan dalam skala besar pada sistem transportasi rendah karbon saat ini maupun di masa depan. 

Penggunaan sepeda di Eropa mampu menekan kadar CO2 sampai 16 juta ton per tahun sekarang, bila bisa digandakan maka akan menekan emisi setidaknya 7 juta ton CO2 per tahun.

Selama kampanye pemilu untuk Parlemen Eropa, ECF telah memanggil para kandidat untuk menandatangani perjanjian 'Cycling for All' (Bersepeda untuk Semua). Perjanjian tersebut telah berhasil membuat 75 anggota Parlemen Eropa berkomitmen untuk secara aktif mempromosikan kebijakan-kebijakan bersepeda dalam agenda legislatif Uni Eropa selama lima tahun mendatang.

ECF telah menyusun beberapa tujuan kebijakan utama untuk menyebarkan bersepeda sebagai bagian dari sistem mobilitas Eropa tahun 2030, yaitu pertama bersepeda harus diperlakukan sebagai mitra setara (dengan moda lain) dalam sistem mobilitas dimana para pengendara membayar penuh semua biaya eksternal untuk pilihan mobilitas yang diambil dan keuntungan sosial yang lebih luas dari mobilitas aktif dapat sepenuhnya diserap.

Kedua, penggunaan sepeda di Uni Eropa harus meningkat 50 persen pada 2030 dan bersepeda menerima bagian sedikitnya 12 persen dari modal transportasi. 

Ketiga, kecelakaan fatal dan cedera serius di kalangan para pesepeda hendaknya bisa dikurangi sampai separuhnya pada 2030. 

Keempat 3 milyar Euro akan diinvestasikan dalam proyek bersepeda dalam anggaran Uni Eropa periode 2021-2027 dan selanjutnya akan menjadi 6 milyar Euro.

Selain itu menciptakan ruang-ruang yang lebih aman dan mudah diakses untuk bersepeda secara teratur bukan hanya akan berkontribusi bagi kesehatan lingkungan, namun juga merupakan bagian dari upaya jangka panjang membangun masyarakat yang lebih sehat.

Aktifitas fisik bersepeda memberikan banyak manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh, mencegah lebih dari 18,000 kematian prematur setiap tahun. Bersepeda juga mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, dan beberapa jenis kanker sehingga menurunkan pula beban ekonomi yang harus ditanggung sistem kesehatan sampai sekitar 52 milyar Euro setahun.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x