Desa Socokangsi, Klaten — 21 Agustus 2025
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas kelancaran pelaksanaan program kerja individu dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun Akademik 2024/2025. Program yang bertemakan “Peningkatan Literasi dan Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Interaktif dan Permainan Edukatif” berhasil diselenggarakan dengan penuh antusiasme di SDIT Permata Bangsa, Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten.
Berangkat dari tema besar KKN PPM “Sinergi UNISRI, Pemerintah, dan Masyarakat Desa: Penguatan Potensi Lokal Guna Mewujudkan Desa Mandiri dan Berkelanjutan”, kegiatan ini menjadi bentuk kontribusi nyata dalam pendidikan dasar di desa.
Program kerja individu Kuliah Kerja Nyata (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun Akademik 2024/2025 yang dilaksanakan di SDIT Permata Bangsa Desa Socokangsi ini adalah terciptanya suasana belajar bahasa Inggris yang lebih menyenangkan, komunikatif, dan interaktif melalui penerapan media flashcard, video pembelajaran, serta permainan edukatif yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkaya kosakata dasar, menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sederhana, serta memberikan inspirasi baru bagi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran kreatif di kelas.
Kegiatan ini juga berdampak pada meningkatnya antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran, terbentuknya pola pembelajaran yang lebih hidup dan engaging, serta terbangunnya kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan masyarakat desa dalam mendukung pendidikan anak, sehingga program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi model inovasi pembelajaran di sekolah dasar pedesaan.
Didampingi oleh guru kelas VI serta anggota Kelompok 15 KKN UNISRI, program dimulai pada Selasa, 5 Agustus 2025, pukul 10.00 WIB, program berhasil memanfaatkan media pembelajaran sederhana namun efektif:
- Flashcard visual memudahkan siswa mengenal kosakata baru secara menyenangkan.
- Video pembelajaran memperkaya pengalaman sensori siswa melalui audio dan visual.
- Permainan edukatif membuat suasana belajar interaktif dan penuh tawa.
Tantangan yang Dihadapi
Meski berlangsung sukses, beberapa hal perlu menjadi perhatian agar program lebih optimal:
- Mengelola kelucuan siswa agar tetap fokus selama aktivitas.
- Menangani ketidakhadiran konsentrasi sebagian peserta.
- Waktu 1,5 jam dirasa terbatas untuk mengeksplorasi materi lebih dalam.