Mohon tunggu...
syarifuddin abdullah
syarifuddin abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat Seni dan Perjalanan

Ya Allah, anugerahilah kami kesehatan dan niat ikhlas untuk membagi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Menyusuri Gua Tham Luang

25 Juli 2018   15:30 Diperbarui: 26 Juli 2018   15:15 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: screen-shot dari cnn.com

Seolah sedang menyusuri gua Tham Luang di Thailand, yang meliuk-liuk kanan-kiri dan naik-turun sejauh berkilo-kilo meter. Makin jauh ke dalam gua, makin gelap, oksigen makin tipis, juga makin menggoda untuk terus menyusuri koridornya sampai ujung.

Banyak rintangan ekstrem menghadang. Ada ruas gua membentuk lekukan ke bawah, yang harus ditembus dengan menyelam. Bagian lainnya dilewati dengan posisi badan miring sambil menyelam, yang jika tidak, akan tersangkut batu runcing. Juga ruas yang dialiri air, yang permukaannya hanya menyisakan ruang bernapas sekian sentimeter ke langit-langit gua, di celah yang sempit.

Tapi justru di situlah terletak sentuhan sensasi perjalanan ini, yang tak jeda memompa adrenalin. Tak ada ruang gerak yang lapang. Tiap gerakan salah, sekecil apapun, berpotensi berakibat fatal. Napas sering terengah. Ini perjalanan yang tiap saat bisa menjelma  menjadi perjalanan terakhir: trip of no return.

Kembali ke mulut gua sudah bukan alternatif lagi. Perjalanan menyusuri celah gua telah kadung dimulai. Solusinya, memaksimalkan awas. Sebelumnya, perjalanan ini telah menelan banyak korban. Dan aku berharap berdoa agak tidak tercatat sebagai korban.

Maka bulat sudah tekad untuk melanjutkannya dan menikmatinya. Sebab senyampang rintangan ekstrem dan ruang gerak yang tak lapang, perjalanan ini menawarkan pesona eksotik yang juga tanpa jeda. Peluang langka untuk memanjakan hasrat petualangan. 

Menikmati perjalanannya, tak peduli kapan akan tuntas. Konon, gua ini berakhir di sebuah ujung, tak ada jalan tembus ke sisi lain dari lereng gunung. Koridor buntu. Tak ada gambaran utuh tentang ujung koridor gua, yang tiap detik bisa saja runtuh akibat beban batu gunung di atasnya, yang sudah lapuk digergaji oleh zaman.

Syarifuddin Abdullah | 25 Juli 2018 / 12 Dzul-qa'dah 1439H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun