Mohon tunggu...
Satto Raji
Satto Raji Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance Worker for Photograpy, Content Writer, Sosial Media,

Belajar Untuk Menulis dan Menulis Untuk Belajar

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Rahasia Mahalnya Harga Properti Danau Toba di Papan Permainan Monopoly

25 September 2021   22:59 Diperbarui: 25 September 2021   23:01 340 13 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rahasia Mahalnya Harga Properti Danau Toba di Papan Permainan Monopoly
Pemandangan indah Danau Toba (SUMBER FOTO: https://www.instagram.com/disparkabsamosir)

Siapa yang pernah atau suka main monopoly? Saat saya kecil, monopoly selalu jadi permainan pilihan terlebih saat bulan Ramadhan menunggu saat berbuka.  Tapi pernahkah kalian bertanya-tanya kenapa properti di kotak H (posisinya sebelum kotak start) harganya sangat mahaall sekali? Properti tersebut adalah daerah Berastagi dan Danau Toba.

Dulu saya heran, kenapa dua kotak terakhir ini begitu mahal dan selalu jadi rebutan para pemain. Kalau sudah berhasil mengakuisisi 2 kotak tersebut, kita berasa diatas angin, sepanjang permainan senyuman (jahat) selalu nampak dibibir, sambil berharap ada pemain yang pionnya mendarat di properti kita. Bayangkan, harga sewa lahan saja, bisa melebih harga rumah atau hotel di properti yang lain.

Kenapa bukan Jakarta, Surabaya atau kota besar lain yang harganya mahal? Kenapa harus Danau Toba? Wajar saat kecil saya mempertanyakan hal ini, saat dewasa mulai memahami karena ini terkait keindahan wisata alamnya, semakin bertambah dewasa (sebelum tua) saya makin takjub dan paham kenapa Danau Toba begitu mahal di permainan Monopoly. Dan nggak heran saat tahu Danau Toba dinobatkan menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Di luar cerita legenda seorang pemuda bernama Toba yang menikahi putri cantik penjelmaan ikan dan mempunyai anak bernama Samosir yang sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar Danau Toba, ternyata dari segi sains atau ilmu pengetahuan, Danau vulkanik terbesar didunia ini punya sejarah yang menakjubkan dan pantas menjadi salah satu aset Wonderful Indonesia 

Menurut Van Bemmelen, geolog asal Belanda dalam bukunya The Geology of Indonesia (1939), memberikan hipotesis bahwa Danau Toba terbentuk karena letusan mega dahsyat pada 75.000 tahun lalu. Letusan gunung api Purba Toba ini membetuk Kaldera yang sangat luas. Kaldera adalah amblesnya  bagian tengah gunung akibat erupsi atau letusan.

Seberapa dahsyat letusannya? Saya sudah membaca beberapa literasi online yang membahas letusan gunung api Purba Toba, dan masih belum bisa percaya bahwa gunung yang ada di Indonesia ini membawa perubahan besar bagi kehidupan umat manusia seluruh dunia, bahkan mengancam keberadaan spesies homo sapiens yang terisolasi di satu daerah di benua Afrika. Woowww takjub dan tetap tidak bisa membayangkan.

Belum ada penelitian seberapa sebesar ukuran dari gunung Purba Toba, tapi efek dari letusan 75.000 tahun lalu sanggup menutup atmosfir bumi selama 6 tahun, yang menyebabkan suhu bumi menjadi turun dan mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrem di seluruh ekosistem dunia. Abu letusan gunung Purba Toba terbawa sampai India dan menempuk setebal 6 meter, selain itu juga mengakibatkan tsunami besar diberbagai belahan dunia.

Ledakan dahsyat ini membentuk Danau Toba yang luasnya kurang lebih sama dengan Kabupaten Tangerang. Dan uniknya, di tengah Danau Toba ada pulau Samosir, yang luasnya kurang lebih setara dengan ibukota Indonesia DKI Jakarta. Gimana? Kebayangkan? Sederhananya, kita bayangin ibukota Jakarta ada di tengah-tengah kabupaten Tangerang, kurang lebih sama dengan pulau Samosir yang ada ditengah-tengah Danau Toba. Trus, kira-kira seberapa besar gunung Purba Toba ini? Entah lah.

Saya bikin pusing lagi nih mengenai fakta alam Danau Toba, kedalaman Danau Toba itu kurang lebih 500 meter, coba bayangin Monas (monumen nasional) yang disusun 4, itulah kedalaman Danau Toba.

Heritage of Toba  Jadi Obsesi Baru

Mengetahui fakta-fakta alam DSP Toba membuat saya terkesima, bagaimana tidak, danau yang terjadi akibat letusan yang mempengaruhi seluruh ekosistem bumi ini, sekarang ditobatkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2020 terkait warisan tradisi dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan