Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta

28 Juni 2018   18:01 Diperbarui: 28 Juni 2018   17:59 634

DESA WISATA NGLANGGERAN YOGYAKARTA

Di Indonesia terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat beberapa desa wisata yang sangat berpotensi mendongkrak pendapatan domestik, sehingga kesejahteraan bisa terdistribusi untuk masyarakat desa. Pembangunan desa wisata Desa Wisata Nglanggeran merupakan salah satu dari sekian banyak desa wisata di Indonesia. Desa Wisata yang terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul ini, mendapat penghargaan dari Asean Community Bases Tourism Award (Asean CBT Award) yaitu sebagai Desa Wisata terbaik se-Asia Tenggara.

Beberapa waktu pekan lalu saya berkunjung ke desa Nglanggeran untuk studi lapangan dari kampus dengan teman -- teman kampus serta dosen pembimbing. Disana kami melakukan penelitian tentang bagaimana mereka mengelola wisata di desa dengan baik.

Kami menginap di homestay desa selama 4 hari, menginap merupakan program 'live in' di desa Nglanggeran. Lewat program ini, wisatawan bisa berinteraksi dengan penduduk dan belajar budaya desa Nglanggeran. Sesampai nya di sana kami disambut dengan baik dan sopan oleh pengelola desa. Pengelola disana merupakan masyarakat setempat atau dengan nama lain POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). Setelah dijamu kami check in homestay dan bersiap -- siap untuk melakukan kegiatan hari pertama.

Transportasi yang kami gunakan untuk melakukan aktivitas disini memakai mobil bak. Kegiatan yang pertama kami lakukan adalah ke peternakan kambing untuk melihat proses membuat susu kambing dan juga melihat tanaman hidroponik yang ditanam oleh masyarakat sekitar. Susu kambing tersebut adalah salah satu oleh -- oleh untuk wisatawan yang datang. Peternakan kambing dan tanaman hidroponik ini menjadi salah satu wisata edukasi di desa Nglanggeran. Setelah itu kami di ajak ke Embung Nglanggeran yaitu waduk buatan masyarakat untuk menampung air hujan dan dialirkan ke tanaman hidroponik. Waduk mini yang berada di ketinggian 495 mdpl ini menjadi primadona para pemburu Senja dengan keindahan Sunset yang ditawarkan. Selain itu, menjadi rujukan dan tempat belajar bagi Desa atau daerah yang ingin membangun Embung. Lokasi parkir dikawasan Embung Nglanggeran juga sangat luas cocok digunakan untuk acara Gathering
atau temu komunitas, baik motor, mobil ataupun pecinta sepeda.

Tidak terasa hari mulai gelap, kami langsung pulang ke homestay masing -masing untuk mandi dan beristirahat. Malam ini cukup luang untuk tidak beraktifitas, saya dan 3 teman saya yang 1 homestay menggunakan waktu luang ini untuk bersosialisasi dengan keluarga homestay yang kami tinggali. Keluarga homestay kami sangat ramah dan terbuka, kami cukup lama bercengkrama dengan mereka mengenai desa Nglanggeran tersebut.

Hari kedua, kami akan melakukan beberapa aktivitas. Sekitar pukul 8 kami sudah bersiap -- siap sarapan dan membantu Ibu homestay membersihkan rumah. Setelah itu kami diajak kesawah untuk membantu petani membajak sawah dan menanam padi. Ternyata membajak sawah dan menanam padi tidak semudah yang kita lihat, lumayan susah jika kita tidak terbiasa.

Tidak hanya itu, kami dipersilahkan bermain bola di sawah yang tidak ada padinya. Kami dibagi menjadi 2 kelompok cewek dan 2 kelompok cowok. Untuk team yang kalah akan menggendong team yang menang. Permainan itu sangat menyengangkan, kami semua bermain dengan gembira dan tertawa lepas!

(Dok. Pribadi)
Setelah kotor -- kotoran disawah kami diajak ke Air Terjun Kedung Kandang untuk bermain air dan membersihan lumpur -- lumpur yang menempel dibadan kami. Lokasi Air Terjun tersebut lumayan jauh dan menanjak, tetapi sesampai nya disana perjalanan kami tidak sia -- sia, air nya sangat segar dan pemandangan disana sangat indah. Lalu kami pulang ke homestay masing -- masing untuk mandi dan beristirahat.

Malam sudah tiba, sekitar pukul 7 kami sudah harus bersiap -- siap untuk belajar alat musik tradisional gamelan untuk cewek dan tari Jathilan untuk cowok nya. Gamelan dan tari Jathilan merupakan alat musik dan kebudayaan tradisional di Yogyakarta yang mereka kembangkan dan kenalkan kepada masyarakat luar. Selain itu, kami juga belajar membuat kerajinan dari janur, membuat kerajinan dari janur ini sagat sulit bagi saya daripada belajar alat musik tradisional gamelan. Tetapi pengelola tersebut tidak lelah untuk mengajarkan saya sampai bisa.