Mohon tunggu...
Ryan Pasila
Ryan Pasila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Dengan passion yang mendalam terhadap dunia tulis-menulis, saya menggunakan platform ini untuk berbagi gagasan, pemikiran, dan pandangan pribadi tentang berbagai topik yang menarik bagi saya. Dalam menulis, saya berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat, inspiratif, dan relevan bagi pembaca. Saya sering mengeksplorasi isu-isu sosial, politik, budaya, dan lingkungan, dengan tujuan untuk mengedukasi dan memotivasi orang lain dalam memahami dunia di sekitar mereka. Terima kasih telah mengunjungi profil saya di Kompasiana. Saya berharap tulisan-tulisan saya dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi Anda.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komersialisasi Pendidikan dan Matinya Kepakaran di Indonesia

18 Juli 2023   19:18 Diperbarui: 18 Juli 2023   19:33 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah gravitasi itu ada? apakah vaksin dibutuhkan? apakah ayam adalah dinosaurus yang berevolusi?

Rasanya tak perlu seorang pakar untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Di media sosial sekarang ini, semua orang mendadak menjadi pakar terhadap semua hal.

Media sosial membanjiri kita ribuan informasi secara instan setiap hari.

Verifikasi dan kepakaran dalam setiap informasi yang kita terima tak lagi menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Fenomena ini disebut matinya kepakaran.

Tom Nichols dalam bukunya "The Death of Expertise", memaparkan ada tiga sebab matinya kepakaran, yaitu komersialisasi pendidikan, jurnalisme yang buruk, dan internet.

Dalam Tulisan ini saya ingin lebih fokus terhadap komersialisasi pendidikan.

Pendidikan di indonesia saat ini terasa seperti formalitas belaka.

Fenomena joki skripsi, joki tesis, joki disertasi, dan plagiarisme telah marak di indonesia.

Pelaku juga terdiri dari semua kalangan. Mulai dari mahasiswa, dosen, bahkan hingga rektor PTN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun