Mohon tunggu...
Rutma Parningotan
Rutma Parningotan Mohon Tunggu... Guru - Sociology's Teacher

Give thanks. Channel YouTube: Rutma Parningotan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Kurikulum Merdeka: Modifikasi Pembelajaran Dengan Quizizz Paper Mode

20 November 2023   21:02 Diperbarui: 20 November 2023   21:03 601
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://support.quizizz.com/

Strategi pembelajaran adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat pembelajaran agar menjadi bermakna. Karena tidak semua peserta didik mempunyai kemampuan yang sama dalam pembelajaran sehingga guru memerlukan strategi atau cara yang tepat agar pembelajaran menjadi tepat sasaran.

Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang dibuat oleh guru tentang rangkaian kegiatan yang didesain dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal ini, strategi pembelajaran menjadi kegiatan yang harus dikerjakan guru bersama peserta didik.

Kurikulum kita saat ini adalah kurikulum merdeka yang telah berganti dari kurikulum K13 sebelumnya. Dalam kurikulum merdeka saat ini, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif agar menambah kreatifitas dan antusiswa peserta didik dalam belajar. Kurikulum terus berubah mengikuti perkembangan jaman dan sifatnya dinamis sehingga harus terus dikembangkan dan diadaptasi sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan peserta didik agar dapat memenuhi kebutuhan peserta didik di masa kini dan juga di masa depan. Satuan Pendidikan (sekolah) dapat mengadaptasi Kurikulum Merdeka yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat karena satuan pendidikan mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi peserta didiknya agar kurikulum yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga terwujud pembelajaran yang bermakna.

Dalam implementasinya, kurikulum merdeka saat ini dalam kegiatan pembelajaran diselaraskan dengan penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran berbasis digital. Dalam pembelajaran di kelas, telah banyak kita jumpai pembelajaran yang menggunakan platform-platform digital seperti canva, quizizz, mentimeter, kahoot, google site, google slides, mindmeister, dan lain sebagainya yang mulai digunakan dari jenjang dasar. Platform-platform ini sangat menarik jika diterapkan dalam pembelajaran karena dapat menarik perhatian peserta didik sehingga mereka menjadi antusias, kreatif, kritis, dan termotivasi untuk terus belajar.

Salah satu platform yang sangat menarik perhatian peserta didik adalah aplikasi quizizz. Dalam aplikasi ini banyak ditampilkan berbagai fitur-fitur yang menarik. Berdasarkan pengalaman saya di kelas, semakin sering saya menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran semakin peserta didik saya tertarik dan selalu meminta kepada saya agar menggunakan quizizz lagi. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat menarik dengan beragam bentuk yang disajikan sehingga membuat peserta didik tidak merasa bosan bahkan menjadi lebih penasaran.

Dalam pebelajaran di kelas, saya mengaplikasikan penggunaan aplikasi ini dengan menggunakan metode paper mode. Yang pertama saya lakukan adalah mempersiapkan bahan evaluasi/tes berupa beberapa pertanyaan-pertanyaan dengan tipe pilihan ganda. Kemudian, mencetak barcode yang telah disediakan aplikasi quizizz. Untuk memulai pencetakan barcode, kitab bisa (tidak wajib) masukkan nama peserta didik pada kolom yang sudah disediakan berdasarkan nomor absensinya, kemudian mencetak barcode tersebut sebanyak siswa di dalam kelas. Kertas-kertas barcode yang saya cetak tersebut berukuran satu lembar kertas HVS ukuran A4 sehingga setiap peserta didik mendapatkan kertas satu per satu dan saya bagikan sesuai dengan nomor absensinya masing-masing. Kertas-kertas barcode tersebut bisa kita gunakan semua jenjang kelas, jadi tidak hanya untuk satu kelas saja.

Dalam pelaksanannya, quizizz paper mode menggabungkan dua perangkat sekaligus yaitu laptop/komputer dan handphone. Laptop/komputer digunakan untuk menampilkan pertanyaan-pertanyaan pada layar projektor di depan kelas, sedangkan handphone digunakan guru untuk mengontrol pelaksanaan evaluasi seperti menampilkan pertanyaan-pertanyaan dan memindai jawaban siswa. Pada akhir kegiatan ini, maka akan muncul hasil dari jawaban peserta didik dan kita bisa melihat berapa jawaban yang salah dan jawaban yang benar.

Hal yang menarik dalam pembelajaran quizizz paper mode adalah antusias peserta didik karena setelah saya tanyakan apakah mereka sebelumnya sudah pernah menggunakan aplikasi ini atau belum. Mereka mengatakan bahwa sebelumnya belum pernah mengalami pembelajaran dengan paper mode dan biasanya guru menggunakan aplikasi quizizz dengan menggunakan perangkat handphone/laptop. 

Pembelajaran platform quizizz bukanlah hal baru dan aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2015 dan fitur-fitur yang diberikan semakin lama semakin menarik baik bagi peserta didik juga bagi guru. Untuk bisa menggunakan semua fitur-fitur yang ada, aplikasi quizizz harus diupgrade atau dibuat menjadi akun super. Aplikasi quizizz sangat membantu saya dalam melakukan kegiatan pembelajaran baik membuat materi pelajaran dalam bentuk slide presentasi dan juga membuat soal-soal sebagai evaluasi pembelajaran.

Saya sangat senang bisa mengajarkan sesuatu yang baru kepada peserta didik dan mendapatkan apresiasi yang sangat bagus sehingga membuat pembelajaran menjadi bermakna baik bagi mereka dan juga menjadi refleksi buat saya agar bisa menyajikan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, pembelajaran yang selalu membuat mereka menjadi termotivasi, antusias, kreatif, dan kritis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun