Mohon tunggu...
Rutma Parningotan
Rutma Parningotan Mohon Tunggu... Guru - Sosiology's Teacher

Give thanks. Channel YouTube: Rutma Parningotan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mau ke Luar Negeri? Mari Ikut Bersama Saya

5 September 2021   16:15 Diperbarui: 5 September 2021   16:24 108 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mau ke Luar Negeri? Mari Ikut Bersama Saya
Gambar: dok. pribadi

Apakah Anda pernah pergi ke luar negeri? Negara mana saja yang sudah pernah Anda kunjungi? Atau Anda belum pernah ke luar negeri sama sekali?

Dalam hidup, saya meminta kepada Tuhan agar sebelum saya meninggal saya harus sudah menginjakkan kaki ke luar Indonesia. Dan Puji Tuhan hal tersebut sudah terlaksana, walaupun masih satu negara yang saya datangi dan itupun masih di kawasan Asia Tenggara. 

Saya selalu mengatakan kepada teman saya, travelling adalah salah satu hal utama dan terpenting dalam hidup agar kita bisa melihat sisi lain dunia ini dan juga sambil menikmati hidup dengan menyenangkan diri sendiri yaitu bepergian ke suatu tempat yang kita sukai. 

Pada awalnya saya berpikir ingin bepergian ke seluruh daerah di Indonesia, namun hal tersebut sudah berubah karena selama kita tinggal dan berkewarganegaraan Indonesia, bepergian ke daerah sendiri, ke rumah sendiri itu bisa kita lakukan kapan saya. Jadi, sekarang yang kita pikirkan adalah bepergian ke luar negeri.

Saat ini banyak destinasi murah yang bisa didatangi, apalagi sekitar daerah Asia. Tentu saja membutuhkan uang, namun kita bisa menabung dengan merencanakan tujuan kita. Dan di masa Pandemi saat ini adalah kesempatan kita mengumpulkan uang untuk destinasi selanjutnya. 

Selain itu, kita bisa menjadi backpacker, bergabung dengan turis-turis lainnya dari negara lain yang bepergian ke luar negeri dengan cara yang sangat sederhana (biaya murah).

Bagi kita yang belum pernah bepergian ke luar negeri, satu hal yang kita bisa lakukan dalam melihat sisi lain dari luar negeri adalah dengan membaca atau menonton tentang negara tersebut. Kita bisa menggunakan berbagai sumber seperti menonton dengan menggunakan aplikasi Youtube atau berbagai bahan bacaan lainnya.

Seperti halnya bagi yang belum pernah pergi ke Paris untuk melihat menara Eifel, setidaknya hal yang pertama kita lakukan adalah melihat videonya, melihat gambarnya, dan mencari tahu semua hal mengenai apa saja yang di negara Perancis. 

Kita juga bisa mulai dengan mempelajari bahasanya, memasak masakan Perancis, mencari tahu tempat-tempat wisata yang menarik, dan lain sebagainya. Namun yang penting kita sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional dimana setidaknya semua orang di dunia tahu mengenai bahasa ini.

Hal utama yang perlu persiapkan selain semua hal di atas adalah tentunya sudah mempunyai paspor terlebih dahulu, karena tanpa yang satu ini, kita tidak akan pernah bisa pergi dari Indonesia. Siapkan juga alamat KBRI di negara tujuan kita, untuk menjaga kemungkinan hal terburuk seperti terjadinya kerampokan, tersesat, dll.

Saya teringat dengan artikel yang dulu pernah saya baca mengenai Rhenald Kasali yang memberikan tugas kepada mahasiswanya yaitu membuat passport kemudian ia menugaskan mahasiswa untuk bepergian ke negara yang tak berbahasa Melayu dengan syarat tidak boleh ke Malaysia, Singapura, Timor Leste atau Brunei Darussalam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan