Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

ATPUSI Bangka, Berhasil Advokasi Gubernur Bangka Belitung

9 Juli 2022   07:25 Diperbarui: 9 Juli 2022   07:29 96 14 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Acara Ruang Pustaka RRI Sungailiat (dokpri)

Organisasi didirikan sebagai tempat bernaung dan berlindung anggota, termasuk ATPUSI.

Ketua Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) kabupaten Bangka Yusnita menjelaskan ATPUSI sebagai tempat curhat dan melahirkan ide dari para anggota. 

ATPUSI sebagai wadah pustakawan dapat menjadi tempat pengembangan diri dan membuka wawasan para anggota yakni tenaga perpustakaan sekolah. 

Tenaga perpustakaan sekarang ini bukan hanya bertugas menjaga buku tapi juga menyebarkan infofrmasi yang benar bukan berita hoaks, apa lagi sebagai tempat memproduksi hoaks.

Karena itu tenaga perpustakaan untuk terus menbekali diri dengan informasi terbaru dan tidak ketinggalan dengan teknologi informasi dewasa ini.

ATPUSI kabupaten Bangka saat ini dengan anggota berasal dari tenaga perpustakaan SD, SMP san SMA di kabupaten Bangka.

Dari 245 sekolah yang ada diakui Yusnita tidak semua sekolah menjadi anggota karena ada perpustakaan sekolah tidak memiliki pengelola perpustakaan.

Perpustakaan sekolah juga sudah harus berkembang diantaranya dalam manajemen koleksi perpustakasn tidak hanya memiliki koleksi buku paket tapi buku lannya dari berbagai gendre.

"Buku terbitan tahun 1986 misalnya  tidak abdet lagi maka singkirkan buku itu dan ganti dengan buku terbaru,"ujar Yusnita ketika dialog Ruang Pustaka di RRI Sungailiat..

Sebagai organisasi tempat bernaung dan berlindung anggota, peran ATPUSI diantaranya memberikan pencerahan dan peningkatan ketrampilan kepada anggota dalam upaya meningkatkan profesionalitas anggota.

ATPUSI mengharapkan pengelola perpustakaan melakukan advosi yakni mencari bantuan untuk memajukan perpustskaan seperti yang dilakukan ATPUSI kepada Pj Gubernutpr Kepulauan Bangka Belitung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan