Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... ASN

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kembangkan Perpustakaan Desa, "Sedekahkan Buku" Agar Lekas Maju

18 Juni 2019   09:00 Diperbarui: 18 Juni 2019   09:04 0 13 0 Mohon Tunggu...
Kembangkan Perpustakaan Desa, "Sedekahkan Buku" Agar Lekas Maju
Kepala DKP Bangka Hj Mina sedekah buku untuk perpus Berlian desa Pemali yang diterima ketua perpus Wiwi (dokpri)

Masih ada aktifitas literasi di perpustakaan-perpustakaan desa di kabupaten Bangka. Tidak hanya membaca namun perpustakaan juga menjadi tempat edukasi bagi masyarakat sekitar diantaranya tempat penyuluhan, berbagai sosialisasi dan pelatihan-pelatihan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ( DKP) Kabupaten Bangka yang terus melakukan pembinaan dan pengembangan perpustakaan kali ini melakukan kunjungan ke perpustakaan Berlian desa Pemali, kecamatan Pemali. 

Dokpri
Dokpri
Perpustakaan Berlian berada satu tempat dengan kantor desa Pemali. Di situ juga ada Posyandu, ketika kami mengunjungi ramai dengan ibu-ibu yang menimbang dan juga melakukan pemeriksaan balitanya. Pembinaan yang dilakukan DKP Kabupaten Bangka, dipimpin kepala DKP Hj Mina. 

Perpustakaan Berlian tampak dari depan (dokpri)
Perpustakaan Berlian tampak dari depan (dokpri)
Keberadaan perpustakaan desa di kabupaten Bangka karena peran besar dari para pengelola yang didukung pemerintah desa. Demikian pula yang dilakukan pengelola perpustakaan Berlian desa Pemali. Pengelola perpustakaan Berlian desa Pemali yakni ketua perpustakaan Wiwi (20 tahun) tidak henti-hentikan mendorong warga desa setempat untuk gemar membaca, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Setiap hari anak muda ini melayani pengunjung perpustakaan yang dikelolanya, termasuk mengoprasikan perpustakaan keliling dengan mengayuh sepeda. 

Dokpri
Dokpri
Ketika tim DKP Kabupaten Bangka pagi itu tiba di perpustakaan Berlian, Wiwi menyambut kedatangan Kepala DKP kabupaten Bangka Hj Mina dan rombongan. Wiwi mendapat pencerahan dari kepala DKP seraya memotivasi untuk terus mengembangkan  perpustakaan yang dikelolalanya bersama beberapa pengelola lainnya.

Ketua perpus Berlian Wiwi sedang melayani anggota perpus yang meminjam buku (dokpri)
Ketua perpus Berlian Wiwi sedang melayani anggota perpus yang meminjam buku (dokpri)
Kepala DKP Hj. Mina minta kepada pengelola perpustakaan Berlian, agar perpustakaan tidak hanya dijadikan sebagai tempat membaca buku, namun dapat pula dijadikan sebagai tempat  berbagai kegiatan yang bisa bermanfaan bagi masyarakat desa. Menanggapi harapan Kepala DKP, Wiwi menjelaskan, perpustakaan Berlian sudah melakukannya, diantaranya dalam waktu dekat ini juga aka ada kegiatan penyeluhan tentang perlindungan anak dan beberapa kegiatan lainnya.

Koleksi buku perpus Berlian (dokpri)
Koleksi buku perpus Berlian (dokpri)
Sedang mendengarkan bimbingan dari Kepala DKP, Wiwi harus berhenti sejenak karena ada beberapa anak siswa SD anggota perpustakaan yang ingin meminjam buku. Ia langsung dengan ramah melayaninya.

Wiwi menjelaskan, ia selain melayani di Perpustakan, juga mengayuh sepeda menemui masyarakat di desa  yang ingin membaca buku, dengan membawa perpustakaan kelilingnya. Ia mengayuh sepeda menemui warga yang menyukai buku. Menurut Wiwi minat masyarakat setempat cukup tinggi untuk membaca, terbukti setiap kali perpustakaan kelilingnya datang akan diserbu tertutama anak-anak yang ingin membaca buku.

Foto kegiatan yang telah dilakukan perpustakaan Berlian (dokpri)
Foto kegiatan yang telah dilakukan perpustakaan Berlian (dokpri)
Usai melakukan pembinaan, kesempatan itu Kepala DKP Hj. Mina menyerahkan dua buah buku kumpulan puisi untuk perpustakaan Berlian, yang diterima langsung Wiwi sebagai ketua perpustakaan. Menyumbang buku untuk perpustakaan yang dilakukan DKP kabupaten Bangka, saya menyebutnya dengan sedekah buku sebagai buah tangan bila dilakukan secara bersama-sama hingga menjadi kebiasaan akan sangat membantu perpustakaan desa. Perpustakaan desa tidak hanya menunggu bantuan dari pemerintah desa, pemda dan pemerintah pusat baru bisa menambah koleksi buku. Tapi juga bisa dilakukan dengan melibatkan peran masyarakat yang peduli terhadap peningkatan minat baca masyarakat. 

Motto perpustakaan Berlian (dokpri)
Motto perpustakaan Berlian (dokpri)
Pesan yang tersirat, apa yang dilakukan DKP kabupaten Bangka dalam sedekah buku walaupun hanya satu dua buku untuk perpustakaan desa dapat diikuti semua pihak bagi mereka baik yang memilih koleksi buku maupun membeli sendiri untuk diberikan kepada perpustakaan terdekat.  Mulailah bersedekah buku, menyumbang buku sama saja dengan berbagi ilmu.

Salam literasi dari pulau Bangka.

Rustian Al Ansori