Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kemendikbud Gelar Workshop Penuntasan PAUD di Sungailiat

19 September 2018   18:29 Diperbarui: 20 September 2018   00:04 626 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemendikbud Gelar Workshop Penuntasan PAUD di Sungailiat
Pembukaan Workshop Kemendikbud tentang PAUD di kantor Bupati Bangka di Sungailiat (dok Humas Bangka)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Workshop Penuntasan PAUD Minimal 1 tahun, Rabu ( 19/9 ) di Ruang Bina Paraja Kantor Bupati Bangka.di Sungailiat.

Sosialisasi diikuti 100 orang peserta utusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bappeda, Bunda Paud, Pengelola Paud utusan kabupaten Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketika membuka Workshop, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bangka Marwan Zahfari mengatakan, pendidikan bagi anak usia dini sangat penting guna mempersiapkan generasi yang cerdas dan kuat yang akan meneruskan kelangsungan kehidupan berbangsa dan benegara.

Menurutnya, mempersiapkan generasi penerus itu harus dimulai sejak usia dini, termasuk diantaranya melalui PAUD, karena itu peran para guru dalam mendidik anak usia dini ini sangat menentukan masa depan dan kualitas pendidikan bagi anak, selain peran orang tua yang paling menentukan tubuh - kembang fisik maupun psikis anak.

" Pendidikan agama yang menjadi dasar utama bagi seorang anak, karena itu harus terus ditingkatkan pendidikan agama bagi anak guna menangkal segala pengaruh negatif," ujar Marwan.

Dok humas Bangka
Dok humas Bangka
Pemerintah kabupaten Bangka dalam mempersiapkan generasi penerus ini tidak hanya menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan termasuk PAUD, juga memperhatikan kesehatan balita yang dimulai sejak dalam kandungan.

" Kita memiliki berbagai program yang terkait dalam menjaga kesehatan balita dimulai dari sejak dalam kandungan diantaranya Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi, Imunisasi, termasuk yang terbaru ada pelayaan E Posyandu," papar Marwan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marwan Zahfari minta para peserta workshop untuk mengikuti dengan sungguh - sungguh sehingga ditemukan kesamaan persepsi dalam melaksanaan kegiatan pendidikan di lembaga PAUD.

Asisten perekonomian dan pembangunan Marwan Zahfari membuka Workshop (dok Humas Bangka)
Asisten perekonomian dan pembangunan Marwan Zahfari membuka Workshop (dok Humas Bangka)
Sementara itu Kasubdit Program dan Evaluasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Asmawi menjelaskan, workshop yang dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini, mengingat  Pedidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) ini penting dalam mepersiapkan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang.

" Perkembangan otak manusia itu dimulai dari usia 0 - 6 tahun untuk itu harus benar dalam mempersiapkan anak sehingga tidak salah dalam memberikan pendidikan kepada anak," kata Asmawi.

Dikatakannya, berbagai upaya yang dilaksanakan pemerintah dengan melibatkan seluruh Kementerian terkait, sehingga tumbuh kembang anak berjalan baik agar tidak mengalami keterlambatan dalam berfikir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN