Mohon tunggu...
Rusmiati Kandi
Rusmiati Kandi Mohon Tunggu... Guru - Guru - Guru Penggerak angkatan 4 Kab. Bandung Barat

Guru Sekolah Dasar di Bandung Barat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Guru Penggerak

18 Juni 2022   20:41 Diperbarui: 2 November 2023   10:44 1344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi : dokumentasi pribadi

JUDUL KEGIATAN

KEGIATAN MEMBANTU SESAMA SELAMA 10 MENIT

Kegiatan membantu sesama selama 10 menit merupakan kegiatan intrakurikuler juga dapat menjadi kegiatan kokurikuler. Karakteristik lingkungan yang ingin dikembangkan dari kegiatan ini adalah Interaksi sosial yang positif, arif dan bijaksana Pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif. Harapan kedepannya bisa menumbuhkan rasa empati, sopan santun, interaksi positif, disiplin, saling menghormati serta dapat menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada diri murid.

TUJUAN PROGRAM :

Kami ingin menumbuhkan kembali karakter yang menurun drastis akibat PJJ selama pandemi covid 19, Mengharapkan murid untuk terbiasa menggunakan bahasa yang santun, dan berperilaku sopan, Menumbuhkan rasa empati, disiplin, berinteraksi sosial yang positif dengan orang lain, Meningkatkan kemampuan berbahasa secara lisan dan tulisan, Melatih kemampuan menghitung dasar.

LATAR BELAKANG

Membuat program sekolah berupa kegiatan intrakurikuler yang dipadukan dengan kegiatan kokurikuler.  Mengingat adanya penurunan karakter positif dari murid setelah sekian lama PJJ akibat pandemi covid 19. Saya berharap program ini dapat menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila sejak dini. Menumbuhkan karakter positif yang diwujudkan dalam sikap empati, sopan santun, kerjasama, saling menghormati dan reflektif.  Program ini berdasarkan konsep-konsep yang telah dipelajari dari 3 modul dalam pendidikan guru penggerak. 

Modul 1 belajar mengenai refleksi filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak dan budaya positif. Materi ini menjadi dasar bagi kami untuk menuntun segala kodrat pada murid, belajar sesuai dengan zamannya. Kegiatan ini sesuai dengan modul yang dipelajari pada modul 1. Murid belajar sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Sesuai dengan kodratnya, mengikuti kegiatan dengan bahagia. Modul 2 belajar mengenai pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial emosional, dan coaching. Materi ini mengajarkan saya mengenai pembelajaran yang berpihak pada murid. Kegiatan membantu sesama selama 10 menit diawali dengan diskusi ringan antara guru dan murid. Melakukan tanya jawab mengenai empati, apa yang dirasakan ketika membantu juga dibantu, berdiskusi mengenai banyak hal yang berhubungan dengan saling tolong menolong. Kegiatan ini merupakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi murid dengan berbagai gaya belajar. Modul 3 mengajarkan materi mengenai menjadi pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Kegiatan 10 menit membantu sesama merupakan program yang dapat menuntun kepemimpinan murid. Memberikan stimulus pada murid supaya dapat bertindak aktif, kreatif, percaya diri, inovatif, juga reflektif. Sesuai dengan visi dan misi sekolah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman serta generasi yang unggul. 

Terdapat aspek suara (voice) pada kegiatan murid dan guru melakukan diskusi sebelum melaksanakan kegiatan, murid diberikan keleluasaan untuk menyampaikan pendapat serta memberikan pertanyaan. Aspek pilihan (choice) terdapat pada kegiatan murid diberikan keleluasaan untuk menentukan kelompok, memberikan kesempatan pada murid dan kelompoknya untuk menentukan siapa atau pihak mana yang akan dibantu, murid beserta kelompok dan guru melakukan musyawarah, memberikan kesempatan pada murid untuk menentukan peran yang akan diambil. Aspek kepemilikan (ownership) terdapat pada kegiatan refleksi setelah melakukan kegiatan, memberikan respon terhadap refleksi yang dilakukan oleh murid setelah melakukan kegiatan.

Program diawali dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, rencana tindak lanjut sebagai perbaikan. Menggunakan 7 modal utama yang dimiliki oleh SDN Maroko yaitu:

1. Modal manusia dengan melibatkan seluruh warga sekolah, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun