Mohon tunggu...
Rusmana St
Rusmana St Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru

Bapak rusmana

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Manajemen Waktu

17 September 2022   22:52 Diperbarui: 17 September 2022   23:16 170 30 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Waktu berlalu melalui tantangan kita seperti butiran pasir,tak pernah kembali lagi.Mereka yang menggunakan waktu secara bijaksana dibalas dengan kehidupan yang kaya ,produktif dan memuaskan .

Untuk mencapai semua tujuan hidup kita dan menjadi apa pun yang mampu kita capai,kita harus dapat mengelolah waktu kita.sama dengan hal yang lain ,keterampilan mengelolah waktu dapat di pelajari.Tidak masalah bagimana tidak terorganisir kita di masa lalu atau seberapa parah kita memiliki kebiasaan suka menunda atau sering terjebak melakukan aktifitas -aktifitas tak bernilai .Kesempatan untuk berubah setelah terbuka kalau kita mau.

Kita dapat menjadi orang paling efisien -efisien ,dan produktif dalam kita dengan  mempelajari bagimana orang lain telah berubah dari kebingungan ke jelasan  dan dari frustrasi ke arah yang lebih baik terfokus.Mengulangi dan praktek,kita dapat menjadi orang yang berorientasi hasil di bidang kita.

Ada beberapa kiat untuk menjalankan bisa membantu kita mengelolah waktu lebih baik .

Pertama ,temukan tujuan dan uraikan tujuan tersebut berdasarkan prioritas dan nilainya bagi kita.Kita harus harus memastikan setiap saathal apakah yang terpenting dilakukan .Pada saat ini tertentu,mungkin yang harus didahulukan .Pada saat tertentu,mungkin yang harus didahulukan tujuan bisnis,keuangan atau karir.Pada saat lain memungkinkan tujuan keluarga atau hubungan.Pada saat lain lagi mungkin tujuan kesehatan atau kebugaran .

Kedua : lakukan aktivitas -aktivitas yang akan membawa kita ke arah tujuan yang ingin di capai.Bagimana cara mengetahui apakah suatu aktivitas akan membawa kita ke arah tujuan ? Jika kita tahu tujuan kita ,maka kita aka. Tahu bagimana cara mencapai tujuan tersebut ,satu-satunya cara membedakan hal yang benar dan salah,lebih penting atau kurang penting.

Ketiga : Peran kecerdasan, kecerdasan selalu muncul sebagi salah satu penentu  kesuksesan orang- orang dalam bidang-bidang apapun .tetapi kecerdasan buka IQ tinggi atau nilai yang baik di sekolahnya.

Ke empat : tentukan tujuan jangka panjang.Manajemen waktu di mulai dengan kejelasan .sisihkan waktu itu memulai dengan kejelasan.Sisikan waktu untuk menuliskan  tujuan -tujuan  yang ingin kita capai dalam setiap aspek kehidupan kita.

Kelima:Mulai dengan daftar kegiatan ,kita perlu merencanakan kehidupan kita dengan daftar tujuan - tujuan dan proyek -proyek jangka panjang..jangan menengah dan jangka pendek .Kita perlu menyusun rencana setiap bulan.sebelumnya, dengan  daftar hal- hal yang ingin dicapai pada bulan ini.

Ke enam :Gunakan perencanaan sebelumnya.Mulai hari ini merencanakan  setiap Minggu sebelum hari kerja  berlangsung..

Tak ada jalan pintas untuk merai sukses ,namun ada jalan yang efektif dan efesien ,yaitu melalui kerja cerdas ,kerja keras,dan kerja sama.Kerja cerdas dilakukan dengan belajar dari pengalaman.Orang-Orang sukses,kerja keras dengan mempraktekannya secara konsisten ,dan kerja sama dengan senantiasa saling mendukung untuk melakukan kerja cerdas dan kerja keras .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan