Mohon tunggu...
Rusmana St
Rusmana St Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru

Bapak rusmana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kiat Sehat, Penuh Energi, dan Vitalitas

16 September 2022   23:29 Diperbarui: 16 September 2022   23:34 108 26 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semua manusia tanpa disadari menginginkan sehat  dan sukses selalu yang hampir saya kemukakan dalam hal mengucapkan salam pada setiap jumpa atau pun di wa graup atau pada siswa - siswa apabila hendak proses belajar maupun mengajar.

pertama ; meningkatkan daya  tahan tubuh.Berbeda dengan anggapan banyak orang ,penyebabkan sakit buka virus ,bakteri atau pun kuman .Tetapi  karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga renta terhadap virus ,bakteri atau kuman . Setelah optimis ,berprasangka baik ( husndzon ),dan bersikap positif dalam situasi yang bagimana pun negatifnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kedua,bernafas efektif .Bernafas efektif tiga kali ( Pagi ,siang ,sore ) masing - masing sepuluh kali dengan perbandingan tarik napas tahan . Hembus nafas  =  melalui hidung  selama 5 detik ,maka menahan napas selama = 20 detik ,dan menghembuskan nafas melalui mulut selama 10 detik .

Baca juga: Pengertian Sehat

Ketiga ,olah raga 4-6 perminggu jangan bermimpi dapat sehat tanpa olah raga. Yang memadai .program olehraga  yang baik adalah program olah raga yang ,baik adalah program membuat kita bernafas.

Ke empat ,minum air putih minimal 8 gelas ( 2-3 )perhari .Minum air hangat terutama sebelum makan ,buka pada saat atau etelah makan .

.Ke lima ,makan lebih banyak makanan kaya air.Tujuh puluh persen kita terdiri dari air ( buah dan sayur.) Dan makanan padat ,di sesuaikan kondisi 

Ke enam ,makan buat ketika perut  kosong .bukan cuci mulut .Satu -Satumakanan yang dapat digunakan otak adalah glukosa.

Ke tujuh , kurangi lemak penuh.bahaya terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh  mencakup terganggunya .

Semoga bermanfaatk 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan