Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Berikut Kiat yang Perlu Disiapkan, Supaya Lulus Menjadi Guru Penggerak

28 Juni 2022   22:31 Diperbarui: 3 Juli 2022   22:02 285 24 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Program Guru Penggerak.| Tangkapan layar Instagram Itjen Kemendikbud via Kompas.com

Teknologi Informasi(TI) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information Technologi (IT) adalah istilah umum teknologi yang membantu manusia dalam menyimpan, mengubah dan menyebarkan informasi.

Dewasa ini, apapun tidak bisa dipisahkan dengan tuntutan zaman. Apalagi bagi guru mengenal IT menjadi tuntutan yang wajib dikuasai. Karena tuntutan zaman telah mengakomodasi semua hal yang berkenaan dengan IT.

Mengapa demikian? Saat ini semua orang telah bergantung dengan IT, segala kebutuhan manusia telah dilayani digital. Termasuk di dalamnya guru, ada banyak fitur yang bisa diunduh, mulai dari perangkat pembelajaran, video-video pembelajaran bahkan hal-hal yang menjadi kendala dalam pembelajaran.

Sekarang ini gaung Guru Penggerak telah ada di depan mata. Sebagian guru telah banyak yang mendaftar dan mengikuti alur pendaftarannya. Hal ini bisa dilakukan jika guru melek teknologi.

Untuk itu penting bagi guru menguasai teknologi karena semua administrasi dan kegiatan yang menunjang kemajuan pendidikan sangat bergantung dengan teknologi, termasuk pengisihan raport pun sudah menggunakan E-raport.

Bahkan untuk kurikulum merdeka belajar yang telah dicanangkan Kemendikbud semua bermuara pada konsep penguasaan IT, mulai dari mengunduh perangkat pembelajarannya sampai implementasinya.

Saya termasuk guru yang belum sepenuhnya menguasai IT, salah satunya kurang update terhadap informasi. Contohnya ketika pendaftaran guru penggerak angkatan 5 dinyatakan tidak lolos karena tidak mengetahui batas akhir pengisihan VC.

Sebenarnya saya sudah melalui tahapannya, namun ada yang belum selesai, maksud hati diteruskan lain hari, eh...ternyata ketika saya buka kembali waktu dinyatakan habis.

Tidak mau ketinggalan informasi lagi, kami pun mendaftarkan lagi dan saat ini dinyatakan lolos untuk tahap 1 angkatan ke 7. Disinilah pentingnya seorang guru menguasai IT, sehingga tidak mengalami kegagalan hanya karena kurang update terhadap informasi.

Seperti saat ini kami mengetahui ada pengumuman kelulusan justru dari teman yang tiba-tiba mengucapkan selamat pada saya karena dinyatakan lulus calon Guru Penggerak pada tahap 1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan