Mohon tunggu...
Rumah Depok
Rumah Depok Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mengapa Lebih Banyak Wanita Harus Berinvestasi di Bidang Properti

28 Februari 2019   13:29 Diperbarui: 28 Februari 2019   13:58 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama kali saya menghadiri konferensi investasi properti, saya terkejut dan terkejut menemukan sama sekali tidak ada garis untuk toilet wanita selama waktu istirahat. Ketika saya mencuci tangan saya dengan tenang di toilet yang sebagian besar kosong, saya mulai bertanya-tanya mengapa ini terjadi. Di mana semua wanita itu?

Ternyata, sementara ada banyak agen properti wanita, ada relatif sedikit investor properti wanita, yang mencerminkan perbedaan gender dalam investasi pasar saham. Menurut sebuah studi, hanya 29% wanita melihat diri mereka sebagai investor, dan kurang dari satu dari empat wanita merasa nyaman dengan pengetahuan mereka tentang investasi.


Sebagai investor properti, saya sepenuhnya mengerti. Dunia investasi, apakah itu saham atau properti, dapat menjadi tempat yang menakutkan penuh dengan jargon. Tetapi faktanya adalah kurangnya tindakan dan rasa takut untuk berinvestasi yang merugikan wanita. Sementara sebagian besar orang sadar akan kesenjangan upah, hanya sedikit yang menyadari kesenjangan investasi, yang dapat merugikan wanita 1 M atau lebih selama masa hidup mereka. Kesenjangan ini bahkan lebih jelas karena perempuan cenderung hidup lebih lama daripada laki-laki dan menanggung biaya perawatan kesehatan yang lebih besar dalam masa pensiun.


Dengan menyimpan lebih banyak uang mereka di rekening tabungan dari pada menginvestasikannya, perempuan kehilangan peluang besar untuk membangun kekayaan bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka, yang semakin diperkuat ketika memperhitungkan kekuatan peracikan dan keuntungan pajak dari berinvestasi di perumahan.


Seperti contoh, investasi di properti Jual Rumah murah. Katakanlah, pada usia 25, Anda dapat menghemat hingga Rp. 400.000.000 dan memutuskan untuk menginvestasikan uang itu ke properti seperti Rumah citayam siap huni 1 M. Pembayaran hipotek Anda akan sekitar Rp. 5.000.000 per bulan selama 30 tahun.
Dengan asumsi Anda bisa menjual rumah Cash atau Rumah KPR harga kisaran Rp. 11.000.000 per bulan, Anda akan menghasilkan kisaran Rp. 50.000.000 per tahun (sebelum pajak, asuransi, dan pengeluaran lainnya). Coba dipikirkan..


Jadi dari mana wanita harus memulai? Dengan mengambil langkah kecil.


Mulailah dengan menjadikan kesehatan keuangan sebagai prioritas. Jangan menunggu waktu untuk membebaskan di kalender Anda - luangkan waktu. Baca artikel di sini, dengarkan episode podcast di sana dan perlahan-lahan mulailah membangun basis pengetahuan dan kepercayaan diri Anda dalam berinvestasi. Bicaralah dengan pasangan, teman, dan keluarga Anda tentang uang dan berinvestasi, bahkan jika itu membuat Anda takut. Akui bahwa Anda sedang belajar, dan gunakan itu sebagai platform untuk mengajukan pertanyaan. Anda mungkin terkejut ketika orang lain mengakui bahwa mereka juga belajar.

Ketika Anda mulai belajar lebih banyak, tetapkan tujuan investasi dan beri tenggat waktu untuk mulai berinvestasi. Mungkin mudah terjebak dalam lingkaran kelumpuhan analisis, jadi beri diri Anda izin untuk bereksperimen dan mungkin kehilangan sedikit uang di sepanjang jalan saat Anda belajar. Kuncinya adalah terus berjalan. Setiap investasi yang Anda lakukan akan mengajari Anda sesuatu, dan seiring waktu, Anda akan dapat berinvestasi dengan percaya diri.

Secara pribadi, saya telah membuat banyak kesalahan berinvestasi selama bertahun-tahun. Saya telah membuat keputusan yang buruk, saya mengabaikan detail penting dan saya kehilangan peluang. Tetapi setiap kesalahan membuat saya menjadi investor yang lebih baik. Investasi properti rumah di nanggerang telah memungkinkan saya untuk berhenti dari pekerjaan penuh waktu saya, mengejar hasrat saya dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya, sambil mengetahui bahwa investasi saya membangun warisan untuk masa depan anak-anak saya.

Kesenjangan investasi gender itu nyata, dan sama merusak kesehatan keuangan perempuan seperti kesenjangan upah. Sama pentingnya bagi kita untuk mendorong kesetaraan upah dan kesetaraan di tempat kerja, sama pentingnya bagi kita untuk mendidik diri kita sendiri tentang berinvestasi, untuk berbicara tentang uang dan berinvestasi dan untuk mengendalikan masa depan keuangan kita, untuk diri kita sendiri dan untuk keluarga kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun