Mohon tunggu...
Rullysyah
Rullysyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Belajar dan Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Jurus Pamungkas Prabowo untuk Menangkan Pilpres Siap Dilepaskan?

29 Maret 2019   08:12 Diperbarui: 29 Maret 2019   08:57 2767
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cukup banyak kawan yang bertanya baik langsung, lewat WA maupun inbok, mengapa sampai saya  tidak percaya hasil survey Elektabilitas dari berbagai lembaga survey yang ada. Padahal mereka tahu saya orangnya logical.

Saya menjawab,kata siapa saya tidak percaya dengan lembaga survey?  Sebenarnya saya malah sangat percaya keilmiahan dari metode lembaga Survey. Dan itu sudah saya buktikan waktu memprediksi Pilpres 2014 dan Pilgub DKI 2012 dimana kedua prediksi saya tersebut hanya meleset di kisaran angka 0,5% saja. Data yang saya gunakan untuk memprediksi  2 pemilu tersebut ya berasal dari hasil survey dari lembaga-lembaga survey yang ada.

Tapi berbeda  sekali kondisinya dengan hasil  survey berbagai lembaga survey untuk Pilpres 2019 ini.  Selisih Elektabilitas antara Jokowi dengan Prabowo yang dirilis semua lembaga survey yang ada ternyata Tidak Masuk Akal menurut teori yang saya pegang dalam beberapa tahun terakhir.

Pembaca setia Kompasiana pasti sudah hapal tentang argument-argumen saya soal selisih angka elektabilitas yang wajar antara Jokowi dan Prabowo. Saya pun akhirnya menemukan suatu anomaly dari lembaga-lembaga survey dimana setiap survey yang dilakukan untuk mengukur Elektabilitas dari Petahana baik Pilpres maupun Pilkada selalu meleset angkanya.

Sudah  saya tuliskan soal itu dalam artikel sebelumnya tentang Teori "Surinc Passed", yaitu Survey Incumbent Pasti Meleset.  Teori itulah yang memperkuat teori sebelumnya dimana untuk Kontestasi Pilpres 2019 ini selisih angka Elektabilitas antara 01 dan 02 yang wajar adalah dibawah 10%.

BERAPA ANGKA REAL ELEKTABILITAS JOKOWI  SEBENARNYA?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya mau tanya kepada pembaca. Siapa orangnya yang saat ini yakin 100% Jokowi akan memenangkan Pilpres 2019?  Saya yakin tidak ada yang bisa menjawabnya.  Dan saya yakin saat ini semua orang hanya yakin sekitar 60% soal Jokowi mampu memenangkan Pilpres 2019.

Dengan  kondisi tersebut maka dapat disimpulkan, saat ini hampir semua orang memang meragukan ketepatan  dari  angka Elektabilitas yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga survey yang ada.

dok pribadi
dok pribadi
Ada 1 Fakta Penting soal Elektabilitas Jokowi yang seharusnya menjadi acuan Tim Kampanye Jokowi.

Pada tahun 2009 menjelang Pilpres, Angka Elektabiltas SBY sebaga Petahana berdasarkan hasil survey mencapai angka 71%. Sementara untuk Jokowi yang juga sebagai Petahana ternyata angka Elektabilitasnya di bawah angka 60% atau tepatnya di kisaran 55%. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun