Mohon tunggu...
Masrufah_ihsan
Masrufah_ihsan Mohon Tunggu... bermanfaat bagi sesama tak perlu harus menunggu waktu yang tepat, selalulah bermanfaat bagi yang lain

الطلبة قسم تعليم اللغة العربية

Selanjutnya

Tutup

Politik

Hubungan Baik China dengan Indonesia

6 Januari 2019   09:40 Diperbarui: 6 Januari 2019   10:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Berbicara tentang negeri bertikai bambu atau cina,rasanya tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia, bagaimana tidak? Hubungan indonesia dengan cina bagai keluarga yang saling mendukung dan menghormati mengingat sejarah yang telah merekam jelas hubungan erat antara kedua negara tersebut. Jika kita singgung bagaimana hubungan kedua negara ini tentunya akan memberi pemahaman pada diri kita bahwa hubungan terjalin dengan harmonis dan memiliki tujuan yang saling menguntungkan. 

Hubungan cina dan indonesia mulai terlihat sejak era soekarno, dimana cina dianggap dapat menjadi penunjuk arah kemana dan bagaimana cara   indone membangun negaranya hal ini di buktikan dengan adanya pempublikasian tentang cina baik di media cetak maupun media  sosial. Namun sayangnya hubungan antara a mengalami kebekuan pada era soeharto, dikarenakan cina pada saat itu dikabarkan mendukung PKI yang menyebabkan terjadinya penculikan dan pembunuhan  terhadap jendral di indonesi. 

Namun hal itu cuma menjadi sejarah kecil retaknya hubungan cina dan indonesia karena pada era gusdur indonesia menjalin hubungan kembali dengan indonesia, bahkan gusdur sangat menyayangkan jika hubungan antar dua negara ini tidak terjalin. Beliau berkata "tiongkok adalah negara besar dengan potensi kekuatan ekonomi yang besar, jadi kita justru rugi jika tidak berhubungan dengan tiongkok ," ungkap nya pada desember 1997.    

Di lanjut oleh presiden megawati, keharmonisan kedua negara ini semakin terlihat setelah indonesia menetapkan hari imlek/tiongkok sebagai hari libur nasional. Selain itu dapat kita lihat bahwa atribut dan  dan simbol" tiongkok mulai terseba di indonesia