Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Suguhan Kopi Temani Sandiaga dan Ridwan Kamil Bahas Pengembangan Pariwisata di Jawa Barat

21 Januari 2021   10:05 Diperbarui: 21 Januari 2021   10:13 154 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Suguhan Kopi Temani Sandiaga dan Ridwan Kamil Bahas Pengembangan Pariwisata di Jawa Barat
Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil ngopi bareng (travel.okezone.com)


Setelah sekian lama tertunda, rencana reshuffle kabinet Jokowi akhirnya terlaksana juga. Sepekan sebelum memasuki Tahun Baru 2021, tepatnya pada 23 Desember 2020 Presiden Jokowi mengadakan 6 pergantian menteri.

Salah satunya adalah Sandiaga Salahuddin Uno diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Mengapa sektor pariwisata ini dirubah, para analis tentu memahaminya. Setiap menteri-menteri baru yang ditunjuk Jokowi itu darinya tentu diharapkan adanya gebrakan atau perubahan baru untuk memperbaiki apa-apanya yang salah? Gebrakan apa?

Di awal kariernya, dini hari Sandiaga Uno sudah ditantang oleh Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Luhut minta Uno untuk membenahi toilet-toilet yang dipandang kurang "berbintang empat".

Apa tanggapan mantan kontestan Pilpres 2019 itu?

Kepada Tempo, 13 Januari 2021 lalu, Uno mengatakan dirinya merasa terhormat untuk melaksanakan perintah Luhut tersebut. Langkah pertama yang bakal dilakukannya adalah mengajak ATI (Asosiasi Toilet Indonesia) untuk bekerjasama.

Sandiaga Uno sebenarnya hanya meneruskan saja program dari Menparekraf sebelumnya. Pada Rapat Terbatas beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi ada permintaan kepada Wishnutama untuk membenahi toilet-toilet tersebut. Presiden meminta agar toilet-toilet yang di destinasi wisata agar dibuat menjadi bintang empat seperti yang sudah ada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Tentunya Sandiaga Uno yang bekerjasama dengan ATI harus merancang toilet-toilet tersebut sedemikian rupa agar para turis merasa nyaman yang pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan.

Apa yang dinantikan pun muncul. Sandiaga Uno membuat gebrakan awal tahun 2021. Sandiaga Uno kini sudah mencanangkan bentuk wisata baru, yaitu apa yang disebut dengan wisata kemanusiaan.

Wisata kemanusiaan adalah paket wisata untuk menyalurkan hasrat berbagi berbakti untuk sesama manusia, yaitu dengan menjadi donor darah. Darah diperlukan, terutama untuk disumbangkan kepada mereka yang terdampak Covid-19 seperti sekarang ini. PMI (Palang Merah Indonesia) sangat membutuhkan persediaan darah yang memadai.

Menteri yang digadang-gadang sebagai terkaya di Indonesia itu pada Selasa (19/1/2020) kemarin menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN