Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

The old home town looks the same As I step down from the train And there to meet me is my Mama and Papa Down the road I look and there runs Mary Hair of gold lips like cherries

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Tips Menghemat Pengeluaran di Bulan Ramadan dan Lebaran

5 Mei 2019   07:00 Diperbarui: 6 Mei 2019   08:08 0 11 6 Mohon Tunggu...
Tips Menghemat Pengeluaran di Bulan Ramadan dan Lebaran
Ilustrasi kartu pembayaran non-tunai (KOMPAS/HANDINING)

Bulan puasa telah tiba. Bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan dan Rahmat. Niat hati untuk melaksanakan ibadah, mendapatkan diri pada Illahi Rabbi.

Menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu yang buruk. Sehingga untuk mencapai kemenangan.

Kalau bulan-bulan biasa pengeluaran untuk keperluan normal saja. Namun, di bulan puasa dan menjelang Lebaran, tak terasa setidaknya pengeluaran menjadi lebih banyak bahkan hingga melonjak dari biasanya.

Dari pengeluaran yang terutama seperti biaya mudik dan balik, pengeluaran untuk merenovasi rumah, mengecat dinding, beli pakaian baru, beli atau memperbaiki kendaraan, beli kue-kue lebaran, dan masih banyak lagi.

Pengeluaran untuk biaya Ramadhan dan Lebaran bisa meningkat menjadi 2 - 3 kali lipat. Masih dikatakan wajar. Namun jika perkiraan sampai 5 kali lipat dari sewajarnya, ini yang harus diwaspadai.

Untuk itu agar keuangan Anda tidak jeblok nantinya, diperlukan beberapa rencana dan saran-saran untuk pengeluaran Anda.

Hindari utang

Simpanan yang dirasakan kurang mencukupi serta tergiur kebutuhan puasa dan lebaran yang aduhai serta merta terkadang seseorang tergoda untuk mencari utang. Menurut perencanaan keuangan Budi Raharjo meminjam uang dengan kartu kredit merupakan upaya yang kurang bijaksana untuk digunakan konsumsi puasa dan lebaran.

Ketimbang harus berutang, disarankan Anda memangkas biaya-biaya yang memang kurang penting yang nilainya besar. Atau lebih baik Anda menunda mudik ke tahun depan lagi. Menggunakan kartu kredit justru akan mengakibatkan masalah baru bagi keuangan Anda, karena Anda harus mengembalikan utang tersebut dan bunganya.

Ilustrasi Uang. ©2017 Merdeka.com
Ilustrasi Uang. ©2017 Merdeka.com
Merencanakan pengeluaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3