Mohon tunggu...
Rudy Wiryadi
Rudy Wiryadi Mohon Tunggu... Akuntan - Apapun yang terjadi

Mulai hari dengan bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Studi: Berolahraga Sebelum Tidur Terbukti Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

24 September 2022   10:06 Diperbarui: 24 September 2022   10:08 110 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Tidur (cnnindonesia.com)

Apa yang kerap saya lakukan ini cocok dengan hasil penelitian yang mengatakan bahwa berolahraga beberapa saat sebelum tidur maka kita akan mendapatkan tidur yang berkualitas di malam harinya.

Hasil penelitian menyebutkan berolahraga dengan intensitas sedang maksimal satu jam sebelum tidur dapat membuat kita tidur nyenyak.

Studi terbaru yang dimuat di European Journal of Sports Science tahun 2020 dan studi lain sebelumnya yang dimuat di jurnal "Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants" (2019) bertolak belakang dengan anggapan yang beredar selama ini bahwa berolahraga sebelum tidur itu akan mengganggu kualitas tidur seseorang.

Dua studi dilakukan oleh para peneliti.

Studi pertama, sebanyak 19 orang dibagi kedalam 2 kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan aktivitas ringan 30 menit sebelum waktunya tidur, sedangkan kelompok kedua tidak melakukan aktifitas apapun.

Ditemukan kemudian kedua kelompok itu tidak mengalami gangguan tidur apapun setelahnya.

Studi yang kedua, sebanyak 28 orang yang ditugaskan untuk melakukan olahraga satu jam sebelum tidur dianalisa oleh tim peneliti. Hasilnya, kualitas tidur mereka lebih baik, mereka dapat beristirahat dengan nyaman.

Ya, siapa pula yang tidak menginginkan istirahat yang nyaman dan tidur yang nyenyak berkualitas. Setelahnya, pada waktu bangun tidur keesokkan harinya tubuh kita akan terasa segar dan menyambut hari baru dengan semangat.

Dari sana dapat disimpulkan bahwa olahraga dengan intensitas ringan atau sedang maksimal satu jam sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur seseorang meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan