Mohon tunggu...
Rudy Wiryadi
Rudy Wiryadi Mohon Tunggu... Akuntan - Apapun yang terjadi

Mulai hari dengan bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Di Geologi, Bahkan hingga Kini "Sunda Islands" Jauh Lebih Dikenal daripada Indonesia

4 September 2021   10:05 Diperbarui: 4 September 2021   10:11 184 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Sunda Islands" (geoenviron.blogspot.com)


Tentu kita sudah mengenal kata "Sunda" yang sudah identik dengan nama salah satu suku yang tinggal di wilayah paling barat pulau Jawa.

Menarik disimak, darimana kah asal mula kata "Sunda" itu disebutkan, untuk menamai sebuah wilayah di paling barat pulau Jawa?

Ternyata kata Sunda ini berawal dari bahasa sansekerta Cuddha, yang berarti putih.

Kenapa demikian?

Hal tersebut diketahui dari apa yang dikatakan oleh Guru Besar Emeritus Geologi ITB (Institut Teknologi Bandung), Koesoemadinata dalam sarasehan "Tatar Sunda tina Sawangan" yang digelar pada 27 Agustus 2021 lalu.

Mengutip tulisan ahli geologi Belanda Reinout van Bemmelen, Koesoemadinata mengatakan dulunya di sebelah utara Kota Bandung sekarang ini ada sebuah gunung api besar.

Pada zaman sesudah Pleitosen, gunung berapi itu meletus dan mengakibatkan wilayah di sekitarnya menjadi tertutupi abu vulkanik putih.

"Putih dalam bahasa Sansekerta adalah Cuddha. Oleh karena itu wilayah di sekitar itu dinamakan Sunda," katanya.

Pada dulunya penyebutan Sunda itu bukan hanya mencakup wilayah yang disebut dengan Jawa Barat seperti yang sekarang ini saja, tapi Sunda juga untuk menyebutkan wilayah Indonesia secara keseluruhan seperti kondisi sekarang ini.

Oleh karena wilayah Nusantara ini terdiri dari pulau-pulau, yang mana di sebelah barat terdiri dari pulau-pulau besar dan di sebelah timur pulau-pulau kecil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan