Mohon tunggu...
Rudy Subagio
Rudy Subagio Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary people, photograph and outdoors enthusiast, business and strategy learner..

Hope for the Best...Prepare for the Worst ...and Take what Comes. - anonymous- . . rudy.subagio@gmail.com . . Smada Kediri, m32 ITS, MM48 Unair

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Uji Adrenalin pada Hamparan Ratna Mutu Manikam di Kawasan Mandalika

17 November 2021   19:40 Diperbarui: 17 November 2021   19:51 249 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pantai di Pulau Lombok, Sumber: anekawisata.com

Waktu sudah hampir menunjukkan pukul 6 pagi. Ratusan pelari berdiri di depan garis start, wajah-wajah mereka nampak tegang. Beberapa detik menuju tepat pukul 6 pagi, sebuah hitungan mundur membuat adrenalin setiap pelari membuncah.. 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2 dan Go...!

Serentak ratusan pelari dari berbagai negara mulai melangkahkan kaki dan berlari. Suasana menjadi terasa penuh dengan semangat seakan mendorong semua peserta untuk terus berlari, sebuah euforia!

Mereka adalah ratusan pelari dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi dalam ajang ultra trail run dunia, The Mandalika Ultra Trail 100. Acara ini merupakan salah satu event berskala internasional di Destinasi Super Prioritas Mandalika (DSP Mandalika) selain Hutama Karya Endurance Challenge 2021, World Superbike (WSBK) 2021, dan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Kegiatan lari lintas alam jarak jauh atau Ultra Trail Run ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pehobi lari lintas alam di seluruh dunia. Kegiatan ini membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang luar biasa karena jarak yang ditempuh lebih jauh dari lari marathon, bisa sampai 100 km atau lebih. Beberapa event Ultra Trail Run di tanah air yang sudah terjadwal antara lain BTS 100 (Bromo Tengger Semeru), MesaStila 100 (Magelang, Jawa Tengah), Rinjani 100 (Gunung Rinjani) dan lainnya.

The Mandalika Ultra Trail 100 atau Mandalika 100 merupakan salah satu event ultra trail run kelas dunia karena menempuh jarak total lebih dari 100 km atau tepatnya 114 km. Namun dalam event ini sebenarnya ada 3 kategori yaitu 25K, 51K dan 114K.

Hal yang membuat Mandalika 100 ini unik dan lain dibanding event ultra trail run lainnya di Indonesia adalah karena treknya menyusuri pantai dan perbukitan di pinggir pantai, sementara yang lainnya medannya di pegunungan dan jalan biasa.

Rute yang ditempuh Mandalika 100 dimulai dari Pantai Kuta Mandalika ke arah timur menuju ke pantai Tanjung Aan kemudian berputar mengelilingi Tanjung Aan, pantai Seger dan kembali melewati Pantai Kuta Mandalika kemudian menuju ke arah barat melewati Pantai Gerupuk, Pantai Are Guling, Pantai Mawun, Pantai Munah, Pantai Telawas, Pantai Semeti, Pantai Mawi, Pantai Selong Belanak, Pantai Tomang-Omang, Pantai Serangan, Pantai Torok, Pantai Nambung, pantai Pengantap,  Pantai Belongas, kemudian melewati desa-desa salah satunya dusun Pengendan dan berakhir di pantai Sekotong.

Dari belasan pantai tersebut -kecuali pantai Sekotong- terletak di bagian paling selatan dari pulau Lombok yang menghadap langsung Samudra Hindia. Pantai-pantai tersebut rata-rata masih alami, asli dan belum banyak terjamah. Kawasan ini begitu kaya dengan keindahan hamparan pantai yang luas, lengkap dengan pasir putihnya yang lembut. Keindahan yang sempurna dari belasan pantai yang sambung menyambung ini seperti hamparan ratna mutu manikam yang tersembunyi. Inilah salah satu Wonderful Indonesia yang harus diketahui dunia.

Panorama di Bukit Merese yang menghadap pantai selatan Lombok, Sumber: traveltodayindonesia.com
Panorama di Bukit Merese yang menghadap pantai selatan Lombok, Sumber: traveltodayindonesia.com

Yang lebih istimewa lagi, semua daya tarik pantai tersebut kemudian dipadukan dengan keindahan latar belakang perbukitan hijau yang membentengi masing-masing pantai. Dari ketinggian diatas bukit, sejauh mata memandang terlihat hamparan pantai pasir putih yang bersih dengan latar belakang laut yang biru. Kombinasi bentang alam yang indah ini merupakan rute dari Mandalika 100.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan