Mohon tunggu...
Rudy Subagio
Rudy Subagio Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary people, photograph and outdoors enthusiast, business and strategy learner..

Hope for the Best...Prepare for the Worst ...and Take what Comes. - anonymous- . . rudy.subagio@gmail.com . . Smada Kediri, m32 ITS, MM48 Unair

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kiat Sukses Mengelola dan Menajamkan Kesadaran Nilai Waktu Melalui "Time Audit"

2 Oktober 2021   20:55 Diperbarui: 6 Oktober 2021   08:57 1039 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pekerja yang mengatur waktu dengan baik saat bekerja | Sumber: Shutterstock via money.kompas.com

Time is the scarcest resource and unless it is managed nothing else can be managed (Peter Drucker)

Waktu adalah sumber daya paling langka, jika kita tidak bisa mengelola dengan baik maka kita juga tidak bisa mengelola hal-hal lain. Ini adalah pernyataan dari Bapak Manajemen Dunia, Peter Drucker. 

Berbeda dengan sumber daya lain yang dapat disimpan, waktu yang berlalu tidak bisa kita dapatkan lagi. 

Bila kita tidak memanfaatkan dengan baik saat itu maka kita telah menyia-nyiakan sumber daya yang paling langka yang kita miliki.

Dalam dunia bisnis atau pekerjaan, keterampilan dalam mengelola waktu akan menentukan kesuksesan bisnis atau karir seseorang. 

Orang yang sukses dan yang tidak sukses sama-sama memiliki waktu 24 jam sehari, namun orang yang sukses dapat mengelola waktu dengan baik sehingga mampu diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Sebaliknya orang yang tidak sukses sudah kewalahan mengerjakan tugasnya yang sekarang.

Manajemen waktu adalah tentang mengelola waktu untuk mencapai tujuan kita, melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan dan yang perlu dilakukan. 

Manajemen waktu berorientasi pada tujuan dan hasil akhir. Keberhasilan dalam manajemen waktu diukur dari kualitas pekerjaan dan kehidupan pribadi kita.

Mungkin selama ini di antara kita sudah banyak mempelajari dan menerapkan berbagai macam metode, kiat atau tips mengelola waktu dengan efektif dan efisien namun hasilnya ya begitu-begitu saja. 

Bahkan tidak jarang kita kembali pada kebiasaaan lama dan tidak lagi melakukan apa yang disarankan dalam metode-metode tersebut. Pasti ada yang salah dengan semua ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan