Mohon tunggu...
Rudy Bastam
Rudy Bastam Mohon Tunggu... Menulis untuk mengingat

Alumnus HI Unair Ex Kuli Tinta Suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Tujuh Fakta Menarik Tentang Coldplay

13 April 2017   17:33 Diperbarui: 13 April 2017   17:50 2154 0 0 Mohon Tunggu...

Kawan, pasti sudah tak asing dengan Coldplay. Yap, Coldplay adalah band asal Inggris yang digawangi oleh kuartet Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, Will Champion baru saja menyambangi Singapura dan Thailand dalam rangkaian tur dunia yang bertajuk “A Head Full of Dreams Tour” pada 1 dan 7 April lalu. Tur yang disebut-sebut sebagai tur dunia terpanjang dalam sejarah musik dunia ini menarik perhatian fans Coldplay di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Lalu apa saja yang menarik dari Coldplay dan tur dunianya? Berikut tujuh fakta menarik tentang Coldplay.

Dulunya bernama “Starfish

Ya, jauh sebelum Coldplay meluncurkan album perdananya pada 2000, Chris Martin dkk memberi nama “Starfish”pada bandnya ini. Nama “Starfish”pertama kali dicetuskan oleh Guy Berryman karena dinilainya mudah diingat orang. “Starfish”kemudian berganti namasetelah Tim Crompton, teman seangkatan Chris Martin di kampus memberikan nama “Coldplay”.

Satu Almamater

Baik Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion sama-sama menamatkan Pendidikan sarjana dari University College London. Chris Martin meraih gelar sarjana jurusan Ancient World Studies, Johnny Buckland jurusan Astronomi dan Matematika, Guy Berryman jurusan Arsitektur, sedangkan Will Champion jurusan komputer. Kok ngga ada yang jurusan musik ya?

Disukai Barrack Obama

Mantan Presiden AS, Barrack Obama mengaku sangat mengandrungi Coldplay. Hal ini dibenarkan oleh Chris Martin seusai bertemu dengan Barrack Obama yang kala itu menjabat sebagai Presiden AS, “Aku bertemu Barrack Obama pada musim panas lalu dan satu-satunya hal yang dikatakannya adalah, “Oh, saya mengoleksi lagu-lagumu di iPod”

Bahkan Obama juga sempat menyanyikan “Amazing Grace” dari album A Head Full of Dreams dalam suatu kesempatan. Tokoh dunia lain yang mengandrungi Coldplay adalah Pep Guadiola, mantan pelatih Barcelona FC itu bahkan selalu menjadikan lagu Viva La Vida sebagai home anthemyang selalu diputar di stadion sebelum pertandingan dimulai.

Meraih berbagai penghargaan

Lagu-lagu Coldplay yang terkenal easy-listeningdan penuh makna memang membuat hati pendengarnya merasa adem.Warna musik dan instrumentasi yang unik menjadi ciri khas lagu-lagu Chris Martin cs. Karya-karya itupun membawa mereka memenangi sederet penghargaan mentereng sejak tahun 2004, diantaranya;  Grammy Awards, BRIT Awards, MTV Europe, hingga Billboard.

Aktivitas Amal dan demokratis

Coldplay dikenal sebagai band yang memiliki perhatian terhadap isu sosial. Mereka sering melakukan konser amal. Konser amal terbaru adalah konser amal untuk penderita HIV/AIDS yang bertajuk “Look to the Stars”. Dalam aksi panggungnya, Coldplay tak segan menyelipkan pesan-pesan kampanye, salah satunya adalah tulisan “Make Trade Fair” yang sengaja ditempelkan pada piano Chris Martin. 

Dalam internal mereka sendiri, Will Champion mengungkapkan bahwa mereka selalu mengedepankan konsensus dalam setiap mengambil keputusan dan menerapkan kesetaraan dalam membagi honor. “Tidak ada yang menerima lebih besar dari lainnya di Coldplay.”,tutur Will. Selain itu, Coldplay juga berkomitmen untuk tidak menerima endorsementuntuk menjaga netralitas mereka.

Cinta Keluarga

Personel Coldplay dikenal sangat dekat dan menyayangi keluarga mereka. Chris Martin dalam suatu acara penghargaan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada istrinya, Gwyneth Paltrow. Namun sayang hubungan mereka resmi berakhir pada 2016 lalu. Kendati demikian, Chris sangat mencintai anak-anaknya. Dalam suatu konser Chris bahkan mengajak anak-anaknya untuk naik panggung bersama.

Digandrungi Fans Indonesia

A Head Full of Dreams Tour di Australia, Singapura dan Thailand awal April lalu menjadi momen yang ditunggu oleh fans Coldplay di Indonesia. Jarak antara Indonesia dan negara-negara tersebut yang tak terlalu jauh membuat fans Coldplay di Indonesia. 

Mulai dari artis papan atas, pejabat, hingga orang biasa rela merogoh kocek demi bisa menyaksikan aksi Chris Martin Cs. Saking monumentalnya tur ini membuat salah satu fans Coldplay asal Bogor sengaja melamar pasangannya di atas panggung disaksikan oleh Chris Martin dan puluhan ribu orang lainnya saat konser di Merlboune lalu.

Sumber:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x