Mohon tunggu...
Ruben Milliano
Ruben Milliano Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menjadi Lebih Baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Bepergian Jauh Saat Pandemi Covid-19

24 Januari 2021   09:00 Diperbarui: 24 Januari 2021   09:29 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Bepergian Jauh Saat Pandemi Covid-19
( sumber : suarasurabaya.net )

Pandemi Covid19 hampir  melanda di  seluruh penjuru dunia, oleh karena itu banyak efek buruk yang berakibat dari adanya pandemic covid-19 ini. Oleh karena itu Hampir Pemerintah di seluruh negara di dunia melakukan upaya pencegahan serta mitigasi untuk melindungi diri dari ancaman virus berbahaya ini.

Tak terkecuali Indonesia , pada masa pandemic ini  Pemerintah Indonesia Selalu menyampaikan pesan dalam upaya pencegahan virus ini yaitu dengan adanya Gerakan 3M ( Memakai masker , Menjaga jarak , Mencuci tangan ) oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk menaati serta melaksanakan  peraturan tersebut demi terhindarnya dari Virus Covid-19 ini.

Disisi lain tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat dalam melakukan kegiatannya sehari- hari  , Ada sebagian orang yang terpaksa harus bepergian di masa pandemi covid-19 karena alasan suatu pekerjaan atau hal-hal lain yang bersifat darurat. Mereka yang berani mengambil resiko menantang virus corona tentu perlu memiliki tips bepergian yang aman saat pandemi. Jika kita  termasuk orang yang harus melakukan perjalanan di masa pandemic kita juga harus memperhatikan beberapa tips aman selama bepergian jauh  di masa pandemi covid-19. 

Pada kali saya akan membagikan Tips dan Trik untuk berpegian jauh Secara aman pada masa Pandemi Covid 19 ini ,antara lain :

  • Selalu Menerapkan Gerakan 3M 

Gerakan 3M ( Memakai masker , Menjaga Jarak , Mencuci Tangan ) merupakan upaya mitigasi yang digagas pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan Covid19 dengan cara pencegahan ini dapat dibuktikan menjadi suatu solusi pencegahan dari penularan Virus Covid-19 , dikarenakan Gerakan 3M ini dapat menakan hampir 80% penularan virus Covid19 , Oleh karena itu gerakan 3M harus senantiasa kita taati dan laksanakan dimanapun kita berada demi terhindarnya dari penyebaran virus Covid-19 ini.

  • ( Menghindari penggunaan Transportasi umum )

( otoblitz.net )
( otoblitz.net )

Pada Saat berpegian jauh Transportasi umum dinilai sebagai sarana transportasi yang  memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran virus corona. Oleh karena itu saat bepergian, sebaiknya kita  menghindari menggunakan transportasi umum demi menghindari kontak dengan orang lain. 

Hal utama yang menyebabkan terjadinya penyebaran secara masif di transportasi umum adalah  tidak adanya sirkulasi udara yang mengalir di tempat tersebut . oleh karena itu jika ada seseorang yang terpapar virus ini maka hamper 95% penumpang lainnya yang berada dalam suatu tempat yang sama akan terpapar virus Covid-19 ini , maka dari itu dalam hal ini kita disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi , motor , taksi demi menghindari penularan yang masif.

  • ( Menghindari menyentuh mata , hidung dan mulut )

( kompas.com )
( kompas.com )

Mata, mulut, dan hidung adalah bagian tubuh yang menjadi mediator virus covid-19 untuk menyerang paru-paru. Oleh karena itu tips bepergian agar aman di masa covid-19 adalah dengan tidak menyentuh ketiga bagian tubuh tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN