Mohon tunggu...
ruangadik
ruangadik Mohon Tunggu... Wiraswasta - wiraswasta

membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Penjumlahan Sederhana Menggunakan Mainan Balok Neraca

11 April 2023   22:41 Diperbarui: 12 April 2023   09:24 461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh "

Salah satu ciri mainan edukatif berbasis Montessori adalah gradasi atau jenjang ukuran yang selisihnya teratur dari yang kecil ke ukuran yang lebih besar , seperti pada mainan Balok susun merah muda. Pada Mainan Edukatif Balok Neraca ,selain selisih perbedaan ukuran Dimensi yang dapat dilihat oleh Anak - anak secara jelas, mainan ini juga menggunakan gradasi / jenjang berat pada sebuah benda,berat objek yang ditimbang berurutan selisihnya secara teratur dari ukuran terkecil ke ukuran objek timbang yang lebih besar.

Mainan edukatif ini bisa digunakan untuk menjelaskan persamaan operasi penjumlahan sederhana yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan kognitif Anak-anak . Sebagai contoh ,pada bagian papan sebelah kiri , kita taruh sebuah kotak  angka atau gambar buah berjumlah Lima (sebagai pertanyaan) , Anak - anak  diperintahkan untuk meletakan balok disebelah kiri (sebagai jawaban persamaan penjumlahan),Sebagai jawaban yang benar pada papan sebelah kanan harus diletakan kombinasi balok angka empat dengan balok berangka satu.

Balok angka tiga dengan angka dua, Balok angka tiga dengan angka satu ditambah lagi dengan sebuah balok dengan angka satu . Apabila meletakan baloknya salah ,posisi  Neraca tidak akan seimbang .Indikator kesalahan ini juga menjadi ciri Mainan edukatif berbasis Montessori yaitu swa koreksi (pada Mainan terdapat indikator bila terjadi kesalahan). Kita bisa melihat ada dua type cara berfikir Anak -anak pada saat akan meletakan balok  .Yang pertama adalah Anak-anak meletakan secara sembarang,Walaupun berulang kali salah, bisa dipastikan akan ada saat meletakan baloknya benar dengan tidak disengaja.

Ini dapat diketahui dari posisi neraca yang seimbang, Setelah itu Anak -anak bisa memahami angka atau himpunan yang benar. Type yang kedua adalah Anak  yang sebelum meletakan balok akan berfikir dahulu ,manakah balok yang seharusnya diletakan pada papan sebelah kanan ,Apabila balok yang diletakan ternyata salah,ia akan segera mengganti dengan balok yang lain.

Pada balok di beri tanda angka dan pada bagian yang lain ditandai dengan himpunan buah. Balok sengaja  diberi warna yang sama (monokrom) ,ini diharapkan agar Anak -anak lebih fokus memahami tentang ukuran,angka dan jumlah gambar buah .  Gambar buah Apel digunakan, karena memiliki warna yang mencolok agar mudah terlihat oleh Anak -anak. Pada bagian tiang neraca digunakan gambar kartun agar anak tertarik untuk bermain ini juga menjadi ciri Mainan berbasis Montessori. 

"Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun