Mohon tunggu...
Ruaida
Ruaida Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN ar-raniry

Mahasiswa UIN Ar-Raniry Prodi hukum keluarga

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jika Ingin Dihargai, Cobalah untuk Menghargai

6 Juli 2020   12:50 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:03 16 3 0 Mohon Tunggu...

Sebagai makhluk sosial yang saling berkegantunga satu sama lain, kita perlu menanamkan sifat dan kebiasaan untuk saling menghargau, baik itu kepada yang muda maupun yang tua.

 Menghargai bukan hanya berlaku bagi sesama manusia (insan) namun menghargai juga berlaku bagi segala hal yang ada di sekitar kita, seperti menghargai waktu, menghargai alam yang sudah senantiasa memberikan kita udara yang segar dan pemandangan yang inda, begitu juga dengan waktu. 

Benghargai dalam garis besar, bukanlah memberi harga dengan alat seperti uan, yang dijadikan sebagai alat tukar, namun menghargai adalah bagaimana cara seseorang bisa menghormati atau menjaga dan tidak menyia-yiakan yang kan berdampak kepada kerugian.

Yang mana dalam setiap menghargai akan berbalaskan di hargai atau di hormati, jika kita menghargai usaha orang lain maka sebaliknya orang akan menghargai usaha kita, yang tentunya semua itu selalu setimpal dengan apa yang kita lakukan.

menghargai waktu juga penting, karna jika kita menyia-nyiakannya maka sudah tentu waktu tidak akan terulang kembali. Ada pepatah yang mengatakan:

"Waktu itu seperti pedang, jika kau tidak menebasnya, maka dia (waktu) yang akan menebasmu"

Oleh karna itu sangatlah penting untuk menghargai waktu, karna waktu itu sangat penting.

belajar dari kehidup, tidak sedikit orang/masyarakat yang memberontak akibat mereka merasa tidak dihargai/ dihormati. Ketika seseorang merasa dirinya tidak dihargai maka otomatis dia akan melawan dan memberontak, yang mana hal ini akan mengakibatkan terjadinya perkelahian, kericuhan, konflik dan perselisihan.

Maka sebagai makhluk sosial hendaklah menanamkan sifat yang baik dalam diri sendiri yang tentunya akan berbalaskan kebaikan, layaknya menghargai maka kita akan dihargai.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x