Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Yuk, Mengenal Masker Bedah dan N95!

24 Maret 2020   11:05 Diperbarui: 26 Maret 2020   20:00 684 7 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Mengenal Masker Bedah dan N95!
Deskripsi : Mengenal Masker Bedah & N95 I Sumber Foto : dokpri

Covid-19 pada 11 Maret 2020, WHO menetapkan wabah ini sebagai pandemi. Penetapan ini jelas tidak boleh diremehkan karena dalam sejarah hanya ada beberapa penyakit saja yang digolongkan sebagai pandemi.

Pemberitaan dan berbagai isu yang menyebar melalui sosial media dan whats apps group mengenai Covid-19 membuat banyak orang sibuk mencari masker untuk melindungi diri dari virus Corona. Hal tersebut mengakibatkan kesulitan bagi fasilitas kesehatan milik Pemerintah dan Swasta mendapatkan masker bagi kebutuhan pelayanan medis.

Fasilitas kesehatan membutuhkan masker tidak hanya untuk mencegah penularan Virus Corona Covid-19 tetapi juga untuk memberikan pelayanan penyakit menular, tindakan medis, bedah, dll. Untuk itu diharapkan masyarakat tenang dan jangan Panic Buying, karena petugas kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan masker yang memadai.

Saat ini, menggunakan masker dianjurkan bagi orang yang bepergian untuk mengantisipasi penularan virus Corona. Virus ini terdapat pada percikan air liur orang yang sakit ketika ia bersin, batuk, atau bahkan saat berbicara. Penularan terjadi ketika percikan air liur terhirup orang lain yang ada di sekitar.

Bila anda berada di rumah sebaiknya tidak menggunakan masker tetapi lebih pada membiasakan cuci tangan 6 langkah, mengganti pakaian setelah dari berpergian, perkuat daya tahan tubuh dengan makan-makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan rumah.

Bila ada anggota keluarga yang batuk atau flu, berikan mereka masker dan edukasi tentang etika batuk dan cuci tangan 6 langkah. Segerakan ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai diagnose.

Terdapat beberapa pilihan masker di pasaran yang belum banyak diketahui oleh masyarakat mengenai fungsi dan kegunaannya.

Untuk memilih masker, Anda perlu mengerti fungsi masing-masing masker terlebih dahulu. Jenis masker sangat beragam. Beberapa di antaranya hanya berguna untuk menangkal polusi tapi tidak bisa menangkal penularan virus Corona.

Hingga saat ini, ada 2 jenis masker untuk virus Corona yang disarankan kepada masyarakat. Adapun pilihan masker untuk pencegahan Virus Corona

Masker bedah

Masker bedah dikenal dikalangan medis dengan subutan surgical mask. Masker jenis ini merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x