Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

25 Tahun Penyerahan Hong Kong ke Tiongkok, Apa yang Tersisa?

28 Juni 2022   08:00 Diperbarui: 29 Juni 2022   18:24 956 57 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bendera Hong Kong. (AFP / VIVEK PRAKASH via kompas.com)

Waktu berjalan dengan  sangat cepat, tahun ini merupakan perayaan 25 tahun penyerahan kembali wilayah Hong Kong ke pemerintah Tiongkok dari pemerintah Ingggris akan dilaksanakan tanggal 1 Juli.

Di tengah tengah perubahan  politik internasional yang semakin dinamis saat ini, dapat dimengerti jika Presiden Tiongkok Xi Jinping telah memutuskan akan menghadiri peringatan ini secara langsung dengan berkunjung ke Hong Kong.

Kehadiran presiden Tiongkok ini merupakan sejarah baru karena menandai  perjalan pertama Xi Jinping  ke luar wilayah Tiongkok sejak merebaknya pandemi Covid-19.

Kunjungan ini juga mecerminkan  betapa pentingnya Hong Kong bagi percaturan politik Internasional Tiongkok karena sekaligus akan melantik John Lee  sebagai penguasa Hong Kong yang baru menggantikan Carrie Lam pada tanggal 1 Juli mendatang.

Penyerahan Hong Kong dari Inggris ke Tiongkok  tangga; 1 Juli 1997. Sumber: DW.com 
Penyerahan Hong Kong dari Inggris ke Tiongkok  tangga; 1 Juli 1997. Sumber: DW.com 

Dalam perjalanannya Hong Kong pernah dilanda paling tidak dua  gelombang gerakan pro demokrasi yang berujung pada upaya "memerdekakan diri" yang gagal dan sempat menjadi perhatian dunia karena  memakan korban yang cukup banyak.

Bagi Tiongkok Hong Kong yang stabil dan aman merupakan kunci dan harga mati bagi reputasi Tiongkok yang saat ini digoyang dengan isu Hak Azasi Manusia yang dimainkan oleh Amerika dan negara Barat lainnya dalam upaya mengurangi pengaruh Tiongkok baik secara ekonomi maupun politik (baca selengkapnya di sini)

25 tahun lalu tepatnya tanggal 1 Juli 1997 secara resmi Inggris menyerahkan kembali Hong Kong kepada Tiongkok setelah selama 156 tahun berada di tangan pemerintah kolonial Inggris.

Upacara penyerahan Hong Kong dari Inggris ke Tiongkok tanggal 30 Juni 1997 malam. Photo: chinadaily.com
Upacara penyerahan Hong Kong dari Inggris ke Tiongkok tanggal 30 Juni 1997 malam. Photo: chinadaily.com

Penyerahan wilayah yang ditandai pengibaran bendera Tiongkok ini  sekaligus menandakan bahwa Hong Kong merupakan bagian yang tidak terlepaskan lagi dari pemerintahan Tiongkok daratan.

Sejarah Panjang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan