Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sakitnya Artikel Divonis Melanggar Ketentuan

24 Januari 2022   20:44 Diperbarui: 24 Januari 2022   21:08 263 46 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sore ini setelah menghabiskan waktu sekitar 2 jam akhirnya saya berhasil memposting artikel dengan judul "arti kategori sebutan gelar anda di Kompasiana".

Artikel ini saya tulis dengan tujuan untuk memberikan penjelasan apa artinya status yang kita miliki di kompasiana seperti: debutan, junior, taruna,  penjelajah, fanatik, senior dan Maestro.

Artikel ini dimulai dengan penjelasan kompasiana menggolongkan kita semua ke dalam kategori ini dengan agregat poin yang dikumpulkan dari jumlah poin yang kita kumpulkan diantaranya dari  artikel yang diposting, rating, verifikasi dst sampai dengan Pageviews konten.

Kemudian dalam menjelaskan arti kategori tersebut saya satu demi satu mencari definisinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia secara online.  Disitu sudah saya cantumkan linknya di kalimat "Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)" (catatan : jika di klik keluar sumber nya yaitu link ke KBBI online kemedikbud).

Berdasarkan pencarian secara online saya cantumkan definisi masing masing kategori sesuai dengan apa yang tercantum di KBBI.

Selanjutnya di bagian tengah artikel dengan "bahasa humor" saya mengajak pembaca untuk bercermin dan mencocokkan status yang masing masing kita miliki dengan definsisi yang ada di KBBI tersebut  apakah sudah cocok atau tidak.

Nah di bagian akhir dari artikel itu saya cantumkan definisi  arti kata:  debutan, junior, taruna,  penjelajah, fanatik, senior dan Maestro berdasarkan definisi yang tercantum di KBBI.

Selang beberapa menit setelah tayang keluar surat cinta dari admin bahwa arikel saya dihapus karena melanggar aturan secara spesifik disebutkan melakukan copy paste.

Saya duga  (mudah mudahan benar)  bagian yang dipermasalahkan adalah bagian definisi yang saya dapatkan dari KBBI.

Saya juga menduga bahwa admin langsung memvonis hal tersebut karena tidak membaca isi artikel secara keseluruhan dan tidak  melakukan  klik link di bagian KBBI  sebagai sumbernya (catatan : jika di klik pasti admin akan faham bahwa definisi  itu diambil dari KBBI, karena sudah dijelaskan sebelumnya.

Disamping itu sudah lazim dalam aturan penulisan internasional untuk merujuk pada definisi  yang ada di Kamus, Encyclopaedia dan lain lainnya, justru kita "harus" mencantumkan definsi itu apa adanya seperti yang tercantum di kamus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan