Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ketika Kucing Peliharaan Menjadi Masalah Serius di Australia

23 November 2021   08:49 Diperbarui: 23 November 2021   23:24 11625 71 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kucing liar dan kucing peliharaan menjadi permasalahan besar di Australia utamanya mengancam keberadaan  satwa liar. Photo:Mark Marathon

Hampir semua orang menyukai kucing karena penampakannya yang elegan dan juga sifatnya yang umumnya sangat ramah dan manja  pada manusia.

Oleh sebab itu tidak heran jika banyak rumah tangga yang memutuskan untuk memelihara kucing di rumah sebagai companion animal.

Jadi tidak heran jika kepopuleran kucing ini sebagai hewan peliharaan semakin meningkat.

Menurut data yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia ada sebanyak  3,8 juta kucing peliharaan  di Australia ini diperkirakan ada sebanyak 700 ribu kucing liar yang ada di wilayah urban dan sekitar 1,4 juta yang ada di wilayah semak semak dan 5,6 juta kucing liar yang tersebar di wilayah lainnya.

Dengan jumlah kucing sebesar  ini, kini negara kangguru ini kini tengah berjuang mengatasi dampak negatif keberadaan kucing ini terhadap satwa liar dan keseimbangan lingkungan lainnya.

Kucing ini walaupun dipelihara dalam kesehariannya sering dilepas bebas untuk bermain di luar dan menikmati alam Australia yang masih sangat asri.

Kebebasan kucing ini ternyata mendatangkan permasalahan tersendiri bagi lingkungan karena mengancam keberadaan satwa liar yang sering dimangsanya.

Perlu diketahui bahwa satwa liar di Australia dilindungi oleh undang undang sehingga dengan perlindungan dan penegakan hukum yang konsisten,  Australia menjadi surga bagi satwa liar.

Jadi tidak heran jika setiap saat kita dapat melihat satwa liar ini berkeliaran dengan bebas di alam tanpa ada yang mengganggunya.  di halaman  rumah kita masih dapat menikmati keberadaan burung liar dan satwa  liar lainnya, apalagi jika tuan rumah menyediakan makanan untuk burung liar ini secara rutin.

Jika dibandingkan naluri berburunya kucing peliharaan  memang memiliki insting berburu yang kurang jika dibandingkan dengan kucing liar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan