Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Perhatikan 10 Hal Ini Jika Anda Ingin Hidup di Negara 4 Musim

19 September 2021   05:00 Diperbarui: 19 September 2021   22:47 1012 49 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perhatikan 10 Hal Ini Jika Anda Ingin Hidup di Negara 4 Musim
Ilustrasi kehidupan sehari-hari di Amsterdam. Foto: Lucky Fransiska/Kompas.com

Tinggal  ke negara lain mungkin merupakan salah satu pilihan yang harus kita ambil pada suatu saat nanti, baik yang bersifat sementara maupun yang bersifat tetap

Berbagai alasan yang  mendasari keputusan bermigrasi ini diantaranya faktor pekerjaan, kehidupan yang lebih baik, pernikahan, pendidikan ataupun alasan lainnya.

Tentunya  disamping semua kelebihan yang perlu kita perhatikan, ada hal lain yang walaupun tampak sepele dapat mempengaruhi kehidupan kita setelah bermigrasi dan tidak jarang membuat kecewa dikemudian hari sehingga membuat kita tidak betah tinggal di negara yang kita tuju.

Kepindahan kita ke negara lain jika tidak diperhitungkan dengan baik akan mengakibatkan cultural shock yang berdampak negatif dan menimbulkan  rasa  tidak nyaman.

Sistem Pembelajaran

Salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi kita yang punya rencana bermigrasi adalah pendidikan  baik bagi kita maupun untuk anak anak.

Dalam hal pendidikan tentunya ada perbedaan yang sangat besar antara sistem pembelajaran  di Indonesia dengan di negara maju.

Sistem pendidikan di negara  maju biasanya lebih santai dan lebih banyak menekankan  pada pengembangan proses berpikir melalui diskusi dan argumentasi.

Bagi anak kita yang biasa terbebani oleh tugas dan PR yang bejibun di Indonesia  tentunya hal ini merupakan kemerdekaan tersendiri. 

Sistem pendidikan di Indonesia yang sebagian besar berjalan satu arah dimana guru menjadi tokoh  sentral tentunya akan sangat mengejutkan ketika anak kita masuk ke dalam satu lingkungan yang mengharuskan anak anak kita banyak melakukan diskusi untuk mengemukakan pendapatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan