Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ketika Ikan Mas Berubah Menjadi Hama di Australia

15 Januari 2016   08:53 Diperbarui: 15 Januari 2016   13:25 2380 18 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Ketika ikan mas (Cyprinus carpio carpio) dari Eropa diintroduksikan di Australia lebih dari 100 tahun yang lalu, tidak ada yang menyangka bahwa ikan Mas akan menjadi hama sekaligus masalah lingkungan terbesar yang dihadapi oleh Australia seperti hanya masalah kelinci dan kodok yang juga berubah satusnya menjadi hama. Bahkan saat ini ikan mas dianggap sebagai musuh masyarakat nomor satu.

Sejarah introduksi ikan Mas di Australia. Sumber

Ikan mas ternyata dapat beradaptasi dengan sangat baik di lingkungan sungai, danau dan embung-embung air kecil, rawa dll. Dengan sangat cepat ikan mas menginvasi hampir semua rawa, sungai dan juga danau. Diperkirakaan saat ini di setiap hektar perairan dangkal ada jutaan ikan mas.

Anak ikan mas di Darling River. Sumber : Nigel Harriss, NSW Office of Water.

Ikan mas kini mendominasi 90% dari populasi ikan di Australia dan sudah berubah menjadi hama yang tidak terkendali. Sumber Photo


Perkembangan populasi yang sedemikian cepatnya ini bukanlah satu-satunya masalah dari hasil introduksi ikan mas di Australia. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh tingkah laku ikan mas ini memang sangat luar biasa. Kerusakan lingkungan ini terjadi di hampir semua sungai-sungai utama di Australia.

Murray River salah satu sungai terbesar di Australia yang didominasi oleh ikan mas. sumber photo

Jaringan sungai di Australia yang mengalami masalah dengan invasi ikan mas. Sumber


Kerusakan lingkungan yang berdampak luar biasa ini terkait dengan kemampuan ikan mas untuk mengaduk aduk lumpur yang menyebabkan menurunan kandungan oksigen air, mengurangi daya tembus sinar matahari, membuat tanaman, planton dan tumbuhan air lainnya yang menjadi habitat ikan asli Australia seperti Murray Cod, Yellow belly dan redfin eat menghilang.

Ikan mas mutan seberat 8 kg ini kini mulai berkembang biak di  perairan Australia. Sumber

Tidak hanya sampai disitu saja ikan mas juga merusak bantaran kali sehingga merubah laju aliran sungai. Saat ini diperkirakan 90 % dari ikan yang ada di perairan di Australia didominasi oleh ikan Mas. Akibat dari pertumbuhan populasi yang sedemikan pesatnya, banyak ikan ikan asli Australia terancam menuju kepunahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan