Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Durian, Antara Fakta dan Mitos

9 Agustus 2015   07:44 Diperbarui: 9 Agustus 2015   08:07 421 38 31 Mohon Tunggu...

Durian si "raja" buah yang penuh dengan mitos. Photo: jancaine.com

Siapa yang tidak kenal durian? Rasa buah durian yang sangat khas ini tidak jarang membuat banyak orang ketagihan durian. Buah durian kaya akan serat dan antioksidan, bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh The Swiss Society of Food Science and Technology menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah durian yang telah matang lebih tinggi jika dibandingkan dengan salak, manggis, leci dan mangga.

Buah yang satu ini bahkan digadang sebagai raja buah, walaupun banyak misteri dan mitos yang masih meliputinya. Sering kali para pencita durian dihantui oleh berbagai rumor seperti: “hati-hati lho makan durian, nanti kolesterolnya naik dan darah tinggi” Betulkah demikian?

Penjual durian. Photo: Antara

Pada kenyataannya berdasarkan hasil analisa laboratorium terhadap nilai gizi dan komposisi nutrisi, kolesterol dan lemak yang dikandung oleh bahan makanan seperti daging, seafood dan produk susu lainnya pada umumnya dalam bentuk bentuk jenuh (saturated), sedangkan durian tidak mengandung kolesterol sama sekali bahkan durian kaya akan lemak-lemak golongan monosaturated yang berguna untuk menekan level kolesterol “jahat” anda yaitu kolesterol LDL.

Kandungan nutrisi jika anda emgkonsumsi buah durian sekitar 243 gram  (catatan : sebagai perbandingan, satu durian berukuran kecil kira-kira 602 gram) adalah sebagai berikut :

 

Sumber: www.quitehealthy.com

 

Kandungan nutrisi durian. Sumber: www.weightchart.com

Hal yang perlu kita perhatian dalam mengkonsumsi durian adalah total lemak yang dikandung durian ukuran kecil (602 gram)  mencapai 50% dari total kebutuhan lemak harian kita, demikian juga dengan kandungan karbohidratnya. Oleh sebab itu, untuk menjaga berat badan, durian sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Kembali ke masalah kalori, satu buah durian dengan ukuran kira-kira 1 kg mengandung kalori sekitar 1350 kalori, yaitu hampir mendekati 60% kebutuhan kalori harian kita, yaitu sebesar 2000 kalori. Sebagai patokan, satu potong buah durian (seberat 40 g) kira-kira mengandung kalori sebesar 54 kalori. Jadi perlu diingat bahwa  buah durian merupakan salah satu buah disamping buah advokat yang mengandung lemak yang tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x