Mohon tunggu...
Rozaq Abdullah
Rozaq Abdullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro

Mahasiswa S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membawa UMKM Desa ke Era Digital: Mahasiswa KKN Reguler Undip 2023/2024 Tingkatkan Penjualan UMKM Desa lewat Sosial Media

15 Februari 2024   20:39 Diperbarui: 15 Februari 2024   20:45 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Demonstrasi Pembuatan NIB Menggunakan OSS oleh Shafa Nadine, Kamis (1/2) Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa KKN Reguler Undip Tim I periode 2023/2024 memberikan dorongan baru bagi UMKM Desa Guwo dengan memberikan pelatihan tentang promosi dan pemasaran menggunakan media sosial. Selain itu, mereka juga memberikan sosialisasi mengenai pembuatan NIB dan PIRT serta perhitungan HPP produk. Langkah ini diharapkan dapat membantu UMKM desa memasarkan produk mereka secara lebih efektif dan memenuhi persyaratan legalitas usaha.

Di era digital saat ini, pemasaran online menjadi kunci keberhasilan bagi banyak usaha, termasuk UMKM desa. Mahasiswa KKN Reguler Undip periode ini mengambil inisiatif untuk membantu UMKM desa memahami dan mengimplementasikan strategi pemasaran online. Mereka memberikan pelatihan tentang cara menggunakan media sosial untuk promosi produk, membuat konten yang menarik, dan berinteraksi dengan pelanggan secara efektif.

Selain itu, mahasiswa juga memberikan sosialisasi mengenai pentingnya memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) serta cara perhitungan HPP (Harga Pokok Penjualan) produk. Hal ini bertujuan untuk membantu UMKM desa memenuhi persyaratan legalitas usaha dan mengelola keuangan usaha dengan lebih baik.

"Legalitas Usaha emang penting banget buat dimiliki mas, terutama nomor PIRT. Kalau kami udah punya nomor PIRT usaha kami bisa dipasarkan di luar desa dan target pasar kami lebih luas, tapi kita masih belum paham gimana cara buatnya," ujar Ibu Lasmi ketua Kelompok UMKM Desa Guwo

Ibu Lasmi juga menuturkan, "Sebenarnya beberapa dari kami sudah memiliki usaha, akan tetapi kami masih bingung gimana cara promosi yang baik dan benar."

Pemaparan Materi Promosi dan Pemasaran oleh Rozaq Abdullah, Kamis (1/2) Sumber: Dokumentasi Pribadi
Pemaparan Materi Promosi dan Pemasaran oleh Rozaq Abdullah, Kamis (1/2) Sumber: Dokumentasi Pribadi
Hal ini semakin mendorong para mahasiswa KKN Reguler Undip periode ini untuk menyumbangsihkan ilmu-ilmu yang mereka dapat di dunia perkuliahan untuk menjawab keterbutuhan yang ada di masyarakat. Hasilnya, UMKM desa mulai menerapkan strategi pemasaran online dan melihat peningkatan dalam jumlah pesanan melalui media sosial. Mereka juga lebih sadar akan pentingnya legalitas usaha dan manajemen keuangan yang baik.

Foto Bersama Setelah Pelaksanaan Program Multidisiplin 2
Foto Bersama Setelah Pelaksanaan Program Multidisiplin 2 "Pelatihan Promosi dan Pemasaran", Kamis (1/2) Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan KKN ini membuktikan bahwa pendekatan digitalisasi dapat memberikan dampak positif bagi UMKM desa dalam meningkatkan penjualan dan memenuhi persyaratan legalitas usaha. Kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat desa dapat menjadi kunci untuk memajukan ekonomi lokal.

DPL : Hadiyanto, SS, M.Hum

Lokasi KKN : Desa Guwo, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

#p2kknundip

#lppmundip

#kkntimiperiode2024

#undip

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun