Mohon tunggu...
Yahya Alfina
Yahya Alfina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Haloo saya Alfina, semoga kalian senang selalu.

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Jodoh Lewat Media Sosial: Tantangan atau Kesempatan?

12 Juni 2024   13:45 Diperbarui: 12 Juni 2024   15:57 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Banyak orang menyebut jodoh seperti kesenangan sendiri, jodoh suka ga disangka sangka, dan jodoh bisa datang kapan saja maupun dimana saja.  Saat sekarang mencari jodoh melalui media sosial telah menjadi tren yang semakin umum di era digital ini. Namun, apakah di balik kilauan tersebut akan mencuat pertanyaan mendasar muncul: apakah mencari jodoh melalui media sosial merupakan tantangan atau kesempatan? 

Persepsi itu tergantung pada pengalaman seseorang  dan cara pandang seseorang tersebut terhadap dinamika hubungan yang ada di dunia maya. Pada dasarnya seseorang yang sedang bosan atau gabut akan hal yang dikerjakan, mereka iseng bermain media sosial untuk menambah pertemanan online atau iseng dan mendapat pasangan.

Mendapatkan jodoh lewat media sosial juga sering kali dilihat dari media sosial atau aplikasi lain dalam membagikan video seorang yang bertemu jodohnya di media sosial. Karena akses yang besar terhahap beragam individu, melalui platform seperti instagram, twitter, tiktok, dan aplikasi kencan khusus. Ini memperluas kesempatan bagi orang menemukan minat atau visi hidup yang sama atau serupa.

Bagi sebagian orang, media sosial juga menawarkan kesempatan yang tidak tertandingin untuk bertemu dengan calon pasangan atau jodohnya. Banyaknya pengguna media sosial yang sangat aktif setiap hari, media sosial juga sekarang memperluas jangkauan sosial seseorang, memungkinkan mereka bisa untuk terhubung dengan orang-orang yang sebelumnya belum mengenal, orang-orang yang berbeda dari budaya maupun agama. 

Hal ini memberi kesempatan bagi pertemuan yang mungkin tidak akan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ada seorang wanita yang membagikan video berisi kisahnya yang menemukan jodoh lewat media sosial, salah satunya aplikasi tiktok, yang menceritakan seorang wanita bertemu jodohnya melalui tiktok dengan user @Jihanny yang diunggah pada (16/01/24) yang mengunggah video mendapat jodoh lewat tiktok yang berawal dari komenan. Membuat iri semua orang, membuat netizen ikut berkomen.

"Masya Allah semoga nular beruntungnya" tulis @hestiika

"InsyaAllah Aamiin nular" ujar @khorik

"Selamat ya mbak langgeng terus" tulis akun @wulan

"Semoga nular kak" ujar @Zahahaha

 

Di sisi lain, mencari jodoh dimedia sosial juga memiliki tantangan tersendiri, salah satunya yaitu kesulitan untuk membedakan apakah nyata atau hanya pencitraan semata. Apakah jodoh sesuai yang diharapkan atau tidak, banyak juga mereka yang menipu dari profil untuk mendekati seseorang tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun