Mohon tunggu...
ROVITA SARI
ROVITA SARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Menjadi Mahasiswa Asistensi Mengajar di SMK Negeri 1 Singosari

3 Juli 2022   18:18 Diperbarui: 3 Juli 2022   18:42 105 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Asistensi mengajar merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa di bawah naungan guru pamong serta dosen pembimbing pada satuan pendidikan formal. 

Asistensi mengajar berlangsung selama 1 semester dengan dikonversi setara 20 SKS. Tujuan program Asistensi Mengajar yakni memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat, mengaplikasikan ilmu perkuliahan dengan praktik mengajar di sekolah. 

Selain itu, Asistensi Mengajar ini membantu lembaga sekolah untuk menyelenggarakan proses pembelajaran sesuai perkembangan IPTEKS. Asistensi Mengajar di bawah naungan lembaga Universitas Negeri Malang mampu memfasilitasi kebebasan Mahasiswa memperoleh hak belajarnya, memperdalam pengalaman belajar sehingga tercipta pembelajaran inovatif, kreatif dan interaktif.

Mahasiswa Asistensi Mengajar harus memenuhi syarat. Persyaratan Mahasiswa program Asistensi Mengajar meliputi (1) Mahasiswa dengan status aktif S1 serta telah menempuh minimal 80 SKS matakuliah; (2) IPK minimal 3,00; (3) Mendapatkan persetujuan Dosen Pembimbing dan Koorprodi; (4) Berkelakuan baik serta tidak mendapat sanksi akademik maupun non akademik; (5) Tidak sedang mengikuti MBKM lain; (6) Mengisi surat pernyataan kesediaan mengikuti program Asistensi Mengajar hingga selesai. Program Asistensi Mengajar terdiri dari bidang akademik, adaptasi teknologi dalam pembelajaran, administrasi sekolah, non akademik, kegiatan yang relevan dengan konversi mata kuliah.

Bidang akademik meliputi pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, pembuatan media pembelajaran, bahan ajar, serta instrumen penilaian. Penulis ditempatkan pada satuan pendidikan SMK Negeri 1 Singosari. Praktik mengajar pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X. 

SMK Negeri 1 Singosari saat ini menggunakan kurikulum PK atau Pusat Keunggulan sehingga tidak memakai RPP melainkan modul ajar. Modul ajar isinya hampir sama dengan RPP terdapat identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, model pembelajaran, tujuan pendidikan, pemahaman bermakna, assesmen diagnostik, langkah-langkah pembelajaran serta sumber ajar. 

Media pembelajaran penulis membuat powerpoint interaktif dan infografis. Bahan ajar yang penulis gunakan yakni buku Sejarah Nasional Indonesia, buku paket Sekolah Menengah Sejarah Indonesia edisi revisi khusus siswa, artikel ilmiah serta video dari youtube yang mendukung pembelajaran. 

Selama 12 kali pertemuan penulis menyampaikan materi Sejarah Masuknya Islam di Indonesia terdiri atas teori masuknya Islam di Indonesia, Kerajaan Islam di luar pulau Jawa, Kerajaan Islam di pulau Jawa, Peran Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Jawa serta bentuk akulturasi budaya pra-Islam dengan Islam. 

Setiap selesai pembahasan sub materi peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran menggunakan Quiziz maupun Kahoot. Penilaian sesuai dengan total benar yang diperoleh peserta didik setelah submit jawaban. 

Apabila terdapat peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM (75) maka akan langsung diremidi dalam bentuk penugasan soal essai sesuai sub materi yang belum tuntas. Di sela-sela pembelajaran peserta didik diberi tugas kelompok terdiri dari 6 kelompok besar dengan pembahasan berbeda-beda. 

Tugas kelompok berbentuk infografis menggunakan desain di web canva tentang proses islamisasi di berbagai pulau-pulau besar Indonesia. Penulis juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk konsultasi terkait tugas kelompok ini baik via online maupun offline supaya mereka bisa mendapatkan banyak pengalaman mengajar serta memperoleh nilai terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan