Otomotif

Ciri-ciri Kompresor AC Mobil yang Bagus

12 Juni 2018   20:11 Diperbarui: 12 Juni 2018   20:16 3269 0 0

AC mobil menjadi komponen yang paling sering bermasalah. Entah itu hembusan udara yang tidak sejuk lah, udara tidak dingin, bau gosong dari ac lah, dan masih banyak lagi. Kerusakan yang terjadi pada ac mobil perlu perhatian khusus. Kalau Anda punya waktu, coba bawa mobil ke bengkel khusus ac mobil untuk mendapat perbaikan yang lebih bagus dan intens. Sehingga ac mobil milikmu kembali menghembuskan udara sejuk ke seluruh kabin.

Penurunan performa pada ac mobil biasanya disebabkan karena kerusakan pada kompresor. Kalau kompresor sudah rusak, gantilah kompresor tersebut dengan kompresor baru. Harga kompresor memang cukup mahal, tapi Anda akan mendapatkan harga kompresor yang sesuai disini.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kompresor ac mobil. Anda harus paham mengenai ciri-ciri kompresor ac mobil yang bagus. Soalnya kalau Anda membeli kompresor ac yang abal-abal, yang ada masalah terkait ac mobil tidak akan pernah terselesaikan.

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil yang Bagus

1. Kompresor AC Sesuai dengan Tipe Mobil

Tipe kompresor yang cocok dengan kendaraan hanya bisa diketahui jelas oleh teknisi mobil saja. Mintalah teknisi langganan untuk membantu Anda memutuskan tipe kompresor yang pas. Kalau bisa, kompresor tersebut bagus dari segi kualitas dan tentunya sesuai dengan isi dompet Anda.

2. Original

Para teknisi akan membantu Anda untuk memilih kompresor terbaik yang pastinya original, bukan kw.

3. Kompresor AC Tersedia Dimana Saja

Setelah beberapa tahun pemakaian, kompresor ac pasti akan rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Itulah mengapa perlu mengecek ketersediaan spareparts ac mobil sebelum membeli. Pastikan sparepart tersebut mudah ditemukan dimana saja.

Logikanya saja, kalau spareparts hanya tersedia di beberapa bengkel, Anda pun akan kesulitan untuk mencarinya. Biaya yang dikeluarkan pun bertambah besar karena Anda perlu memikirkan ongkos pengiriman sparepart agar secepatnya sampai ke tanganmu.

4. Memiliki Garansi Resmi

Entah itu kompresor baru ataupun lama, keduanya wajib memiliki garansi resmi. Anda selaku pembali berhak mendapatkan garansi ini untuk memastikan performa sparepart yang dibeli. Kalau ternyata sparepart tersebut rusak dalam dua hari, Anda pun berhak untuk menuntut kerusakan tersebut kepada penjual. Sehingga Anda berhak mendapatkan sparepart pengganti.

5. Konsultasikan dengan Bengkel AC Mobil

Seperti yang sudah disinggung di poin pertama. Agar kompresor ac bekerja maksimal pada mobil, Anda perlu berdiskusi sejenak dengan para teknisi ac mobil. Karena mereka inilah yang paling tahu mengenai sparepart ac secara menyeluruh. Tidak ada salahnya untuk langsung menghubungi teknisi di bengkel ac mobil, lalu meminta sarannya mengenai harga dan tipe yang pas.

6. Perhatikan Merek Kompresor

Merek kompresor yang aling banyak dipakai adalah merk D*ns* atau Sa*d*n. Namun, merk D*ns* lah yang paling banyak diminati karena telah terbukti memiliki kualitas yang lebih oke dibandingkan merk lain. Tidak hanya itu saja, merk D*ns* juga gampang ditemui dimana saja karena merk ini juga banyak dipakai oleh tipe mobil lainnya.

Baik merk D*ns*, Sa*d*n, dan merk lainnya pastilah memiliki karakteristik masing-masing. Pastikan Anda memilih merk yang sesuai dan pastinya berkualitas agar kompresor tersebut awet dan tahan lama.

Tidak hanya kompresor ac mobil saja yang sering mengalami masalah, namun spareparts ac lainnya juga mengalami hal yang sama.

Semoga berguna.