Mohon tunggu...
Rossa Saniya
Rossa Saniya Mohon Tunggu... Knowledge

Calm but alert. Relaxed but ready. Smooth but sharp. Humble but confident.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

5 Recipes to Strengthen Your Mental Health

30 Januari 2020   18:02 Diperbarui: 11 April 2020   11:09 544 9 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Recipes to Strengthen Your Mental Health
thriveglobal.com

"Inner peace is the new success" - the female hustlers

Di zaman digital dan serba cepat ini, somehow kita juga semakin cepat  tertekan  dengan social pressure yang ada atau pekerjaan yang kita jalani, ga cuman  orang dewasa , remaja  apalagi kita nih para  anak kuliahan pasti sering atau setidaknya pernah lah yaa ngerasain yang namanya feeling underpressure, overthingking,  atau anxious yang bisa menjadi pemicu stress bahkan depresi.  kali ini gua pengen sharing  gimana sih caranya biar mental kita selalu sehat kuat dan bahagiaa 💪😃, kan bukan hanya fisik yang perlu dirawat ? mental kita juga perlu dikasih asupan  supaya  imbang sama tekanan yang datang dari luar maupun dari dalam diri sendiri. kuy langsung aja ke intinya! 

Terima kekurangan dan selalu apresiasi diri sendiri

 Hal yang satu ini emang klise, sekaligus point paling utama dan butuh proses yang ga sebentar,  tapi enjoy aja.. pelan pelan pasti bisa. Nah step pertamanya  adalahh sadari apa aja sih kekurangan dan kelebihan yang ada pada  diri kita? (kalau bisa catet di journal kalian) , laluu  anggaplah kekurangan itu sebagai sarana untuk mengembangkan diri kita, bukan beban.  Usahakan juga jangan terlalu sering menjudge / mengkritik diri sendiri dulu gua sering banget,

"kenapa siih aku anaknya gini banget", "kenapa sih aku ga kayak mereka yang serba bisa", " kenapa sih fisik ku ga sesempurna mereka?" dll...  tapi lama lama gue mulai sadar semua yang ada pada diri kita tuh emang pemberian dari tuhan, dan sifat buruk atau kekurangan yang kita miliki itu pasti  ada kook  yang bisa diimprove/diperbaiki, pasti. Misal niih.. lo seorang introvert yang ga percaya diri bicara didepan umum, nah lo bisa mengimprove kekurangan lo itu dengan belajar public speaking dsb, dan ketika lo udah berhasil mencapai itu, checklist deeh yang di list di journal .

Selanjutnyaa  saatnya mengapresiasii, makan makanan yang lo suka, beli  barang baru, jalan jalan atau apapun yang bikin lo happy sebagai penghargaan untuk diri sendiri karena sudah berani  mencoba  menjadi lebih baiiik:))  kalaupun ga berhasil yaa its okey..  berarti hal /bidang itu  memang bukan keahlian/ kapasitas kita.. setidak-tidak nya kaan kita dapet pengalaman baruu dan berkat ketidak berhasilan itu kita jadi  tahu mana hal yang harus di stop dan tetap dikembanginn  hehe keep going aja pokonya 🦾.

"To work on yourself is the best thing you can do. Accept that you are not perfect, but you are enough, and then start working on everything that destroys you: your ego, your dark toughts. You will see in the end you're going to make peace with yourself and that's the greatest thing in the world" - the female hustlers

Mindfulness 

Kebanyakan dari kita mungkin memulai hari dengan keadaan tidak sadar sepenuhnya, mandi, sarapan, ngampus/ ngantor, bahkan mungkin  sampai kita kembali tidur lagi.. artinyaa tiap kali kita melakukan aktifitas, pikiran kita kemana-mana,  sibuk sendiri memikirkan hal  belom terjadi :(, sampai kita ga fokus sama aktifitas yang kita lakukan saat itu, stress dan cape iyaa, maksimalnya engga kan. . nahh sebuah studi udah membuktikan kalau kita bisa mindful di setiap aktifitas, hal itu bakal meningkatkan tingkat kebahagiaan dan menurunkan tingkat kecemasan , bahkan nihh praktek mindfulness ini juga bisa jadi terapi stress/depresi guys.

Mindfullness ini ga susah kok .. hanya perlu sering dilatih, dan lo ga selalu harus duduk sambil memejamkan mata macem orang betapa untuk mempraktekkan mindfullness (walaupun kalau mau teknik yg seperti itu juga ada), sambil menjalani kerjaan lo bisa melakukan berbagai teknik mindfulness.. kalau gue sih biasanya pake teknik pernafasan dan suara,  contoh yang simple teknik pernafasan:  melakukan setiap hal sambil menyadari nafas yang masuk dan keluar secara perlahan, rasakan teksturnya, perhatikan warnanya, dan jangan terlalu banyak  memikirkan  hal lain selain yang sedang lo lakukan saat itu , biarkan pikiran2  masuk tapi hanya untuk sekedar melintas ajaa (jangan sampai jadi overthinking) teknik suara: cukup fokus mendengarkan suara yang ada di sekitar kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x