Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hari Wanita Sedunia

9 Maret 2023   04:35 Diperbarui: 9 Maret 2023   06:52 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keterangan foto: foto kenangan bersama mitra business di Singapore/ dokumentasi pribadi 

Bagaimana kita memaknainya ?

Merayakan Hari Wanita Sedunia, tentu saja tidak hanya sebatas makan bersama di restaurant dan saling mengucapkan:"Happy International women's Day " Melainkan mengisinya dengan meng up grade diri kita.

Di zaman dulu, pada umumnya gambaran  orang banyak adalah bahwa wanita itu tempatnya didapur.. Sebagai ibu rumah tangga maka tugasnya adalah mengurus rumah tangga. Mengurus keperluan suami dan anak anak,membersihkan rumah,cuci pakaian seterika dan  memasak dan seterusnya. 

Ya itulah gambaran umum tentang tugas seorang wanita , yang juga sekaligus menjadi Ibu dan isteri . Tidak terpikir mau berbuat apalagi selain urusan rumah tangga. Menikah berarti sudah siap untuk me lockdown seluruh cita cita dan ambisi pribadi dan mempersembahkan seluruh hidupnya untuk keluarga tercinta.

Perubahan zaman mengubah pola hidup 

Dahulu memang kebanyakkan wanita hanya kerjanya memasak mencuci serta mempersiapkan segala kebutuhan rumah tangga.Karena zaman dahulu wanita tidak ikut campur dalam hal bisnis atau segala sesuatu yang dikerjakan pria. Tetapi seiring dengan perubahan zaman maka pola hidup juga mengalami perubahan.

Setelah istilah emansipasi menjadi viral, semua berubah. Dimana wanita sudah bisa mengerjakan urusan yang biasanya dikerjakan lelaki, sekarang wanita boleh melakukannya

bisnis-1-640893563788d405b154e094.jpg
bisnis-1-640893563788d405b154e094.jpg
Mengunjungi mitra dagang di Singapore/dok pribadi

Dalam urusan rumah tangga

Begitu juga dengan rumah tangga.  Kalau dulu semua dikerjakan wanita. Tidak ada yang lainnya Seiring dengan perubahan zaman,maka sekarang selain jadi ibu rumah tangga seorang wanita juga bisa ikut berperan serta membangun bisnis keluarga. Atau mengejar impiannya masing2. Seperti yang sudah saya tulis,saya pernah 3 kali berturut turut meraih Champion Honour sebagai Supervisor di perusahaan asuransi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun