Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Makanan Favorit Berbuka Puasa

31 Mei 2018   22:43 Diperbarui: 31 Mei 2018   23:16 921
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(AP PHOTO / Mahesh Kumar A)

Mungkin ada yang heran? Karena saya bukan Muslim tapi kok bicara mengenai makanan favorit untuk berbuka Puasa.?

Ketika kami sekeluarga masih tinggal di Padang kira-kira tahun 1980 an, kami tinggal bukan di Kampung Cina, melainkan memiih tinggal di Komplek Perumahan Wisma Indah 1. Kebanyakan teman teman yang sering datang kerumah kami adalah Muslim. Jadi bila pada bulan ramadan tiba, maka kami kebagian tugas untuk menyelenggarakan buka puasa bersama setiap Sabtu di rumah kami.

Maka setiap Sabtu saya sudah siap siap memasak makanan yang mana pada mulanya agak membingungkan saya, makanan apa ya yang paling baik disajikan pada buka puasa nanti? Saya  mencoba membuat makanan yang biasa disenangi seperti dendeng balado, lalapan pakai cabe udang  hebi, rendang dan saya terpikir baiknya saya juga membuat gulai lode dimana gulai lode ini sangat disukai oleh orang Padang. dan tidak ada dijual di warung Padang. 

Dan tentu saja dilengkapi dengan nasi dan minuman pembukaan, seperti jus buahan dan jeruk, untuk teman teman yang akan berbuka puasa di rumah kami

Ada ruang khusus disamping ruang tamu, bagi yang ingin melaksanakan Sholat, sehingga dengan demikian teman teman merasa lebih nyaman.

Mempersiapkan Minuman dan Santapan Berbuka Puasa

Pada jam 6 semua berkimpul dan duduk dimeja makan yang sudah saya siapkan dan pada jam 6,20 ketika sirene berbunyi maka  teman teman mulai berbuka puasa dengan minum jus terlebih. Walaupun kami berdua tidak berpuasa,tapi kami ikut menemani makan bersama,dengan duduk diatas carpet yang sengaja kami beli, karena acara buka puasa bersama ini,tidak hanya sekali,tapi setiap hari Sabtu.

Selesai menikmati minuman  permbukaan,maka  kemudian baru mengambil nasi serta lauknya. ternyata gulai lode yang saya buat itulah yang paling laris dan disukai teman-teman Sehingga ketika mau pulang mereka memesan pada saya minggu depan kalau buka puasa lagi jangan lupa membuat lode dan lalapan  Lalapan ini saya sajilkan dengan cabe giling halus yang dimasak dengan hebi (udang kering)

yelp.com.sg
yelp.com.sg
Mau tahu cara membuat gulai lode?

saya akan memaparkan cara membuatnya supaya bisa dibuat sendiri dirumah .

Bahan :

  •  Kacang panjang seikiat diiris 
  •  lada hijau  beberapa biji (10)dibelah dua
  •  tempe  tiga potong besar dipotong kecil2
  •   kerupuk kulit  satu bungkus  direndam dalam air panas,kemudian ditiriskan
  •  Tauco empat sendok makan 
  •  Jahe sebesar jempol  diiris
  •  sereh dua batang ditumbuk 
  • daun jeruk perut  empat lembar 
  • daun kunyit dua lembar
  • bawang putih satu siung  ditumbuk halus
  • udang atau remis yang sudah dikupas secukupnya
  • Santan  dari satu kelapa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun