Mohon tunggu...
Rosa Nur Afifah
Rosa Nur Afifah Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswi

mendengar lalu berbicara

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

J&T Jasa Ekspedisi Baru Tapi Berani untuk Beradu

26 Desember 2019   04:59 Diperbarui: 26 Desember 2019   06:21 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

JNT Express adalah salah satu jasa pengiriman express yang terbilang baru di Indonesia. Mereka muncul ke permukaan sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang berbasis teknologi.

Sebagai upaya promosi, JNT Express pun sering melakukan kerja sama dengan situs-situs e-commerce besar di Indonesia. Tanpa tanggung mereka sering menawarkan pelayanan gratis ongkos kirim (bagi para pembeli) sampai dengan gratis jemput paket (bagi para penjual online).

Dibalik zaman yang semakin canggih, teknologi pengiriman barangpun semakin mudah. Jasa pengiriman barang cepatpun semakin marak dimana-mana, apalagi JNT yang semakin menguasai pasar jasa pengiriman atau yang biasa disebut jasa ekspedisi. Melihat perubahan budaya dari tradisional ke budaya modern yang mana lebih mengedepankan teknologi. 

Dulu jasa ekspedisi hanya digunakan oleh personal saja, atau kegiatan-kegiatan dari sebuah lembaga yang memang sangat terbilang formal. Namun setelah adanya transformasi dari budaya tradisional ke modern, jasa ini menjadi faktor pendukung utama. Karena, sistem penjualan yang sudah berbasis online, menjadi alasan jasa ini semakin dibutuhkan.

JNT Express menjadi salah satu pilihan bagi warga milenial karena dengan berbagai pertimbangan. Banyak kelebihan dari jasa ekspedisi ini yang tidak dimiliki oleh jasa ekspedisi lain. Seperti halnya, fitur untuk melacak status pengiriman paket Anda dengan cek nomor resi di website sudah menjadi layanan standar yang disediakan perusahaan ekspedisi, termasuk JNT Express. 

Namun, ketika melakukan pelacakan nomor resi, terkadang kita menemukan beberapa istilah pengiriman barang yang kurang dipahami. Untuk itu, JNT Express sudah mengkompilasi istilah yang sering ditemukan ketika melakukan pengecekan resinya. Berbeda dengan yang lain, istilah status paket JNT Express semuanya ditulis dalam Bahasa Indonesia. Sehingga mudah dipahami oleh siapapun.


Seperti istilah "Paket sudah diterima, Paket sudah sampai tujuan, Gateway, Sprinter, dan lain-lain" bahasa yang mudah dipahami membuat pengguna jasa ini semakin mudah untuk mengerti. Contohnya Gateway, istilah ini menunjukkan kode lokasi, dengan format (KODEKOTA_GATEWAY). Contohnya, SUB_GATEWAY yang berarti paket sedang berada di Surabaya sebagai gudang JNT Express. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan. 

JNT menggunakan daftar kode bandara di Indonesia sebagai referensi Gateway atau gudang porses sortir mereka. Ada juga Sprinter atau Sprinter sedang mengirim berarti dalam sistem JNT, Sprinter artinya kurir. Ini artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh Sprinter. Nama Sprinter-nya juga akan tertera dalam hasil cek resi.

Lalu selain ada istilah yang mudah dipahami, ada juga kelebihan lain yang dapat dirasakan. JNT Express mampu menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Penyebaran konter JNT di seluruh wilayah Indonesia berbeda dengan jasa kurir lainnya. Bila yang umum, dalam satu kecamatan bisa ditemui satu atau dua konter dengan sistem franchise, maka JNT lebih fokus pada satu konter untuk satu kecamatan. 

Mereka menggunakan sistem sentralisasi untuk distribusi dan penerimaan paket. Tempat tersebut dikenal dengan nama Drop Point. Fungsi dari drop point sendiri jelas sebagai penghubung baik menerima paket dari pengirim, mengoleksi paket dari sprinter atau kurir, sekaligus melakukan pengiriman paket. Dengan sistem satu konter satu kurir JNT Express pun mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tanpa ada perantara. Artinya mereka memang berkomitmen langsung menyapa para konsumen.

JNT Express juga memiliki sistem pelacakan tepat waktu. Pada dasarnya, di era digital ini, semua jasa pengiriman sudah memiliki sistem pelacakan yang langsung terintegrasi dengan data base. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun