Mohon tunggu...
Rosadema ValenthaliaAnggraeni
Rosadema ValenthaliaAnggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY

Hi, I'm Ocha! Nice to meet you! :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk, Kenalan dengan World Mental Health Day!

13 Oktober 2021   00:03 Diperbarui: 13 Oktober 2021   00:11 111 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Unggahan Tiara Andini pada Akun Instagram

Beberapa hari belakangan ini, banyak sekali unggahan di berbagai platform media sosial yang menyuarakan tentang World Mental Health Day. Jika jari kita mengetikkan World Mental Health Day di penelusuran google, akan banyak sekali hasil pencariannya. 

Salah satunya yaitu perayaan World Mental Health Day atau dalam bahasa Indonesia berarti Hari Kesehatan Mental dilaksanakan setiap 10 Oktober di seluruh dunia.

World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa perayaan ini didasari oleh upaya guna meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental, serta memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan mental hingga ke seluruh dunia. 

Dirayakan setiap tahun, World Mental Health Day tentu memiliki tema yang berbeda-beda, seperti tahun 2021 yaitu "Mental Health in An Unequal World (Kesetaraan Kesehatan Mental untuk Dunia). 

Tema tahun ini berangkat dari kondisi dunia yang sebagian besar masih dilanda oleh pandemi COVID-19 yang akhirnya berdampak bagi beberapa kelompok, seperti kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar ataupun orang-orang yang hidupnya sendirian. 

Oleh karena itu, perlunya energi baru untuk membuat perawatan kesehatan mental yang berkualitas dengan dibantu oleh dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan organisasi masyarakat sipil lainnya.

Di tahun 2021 ini, antusiasme masyarakat dunia dalam menyuarakan kampanye World Mental Health Day pun meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari unggahan masyarakat di media sosial, seperti di Indonesia. 

Dengan mengunggah foto, quotes, ataupun video yang menyiratkan isu kesehatan mental menjadi bentuk kepedulian dari masyarakat Indonesia. 

Unggahan-unggahan tersebut menjadi trend di media sosial dan dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak jebolan ajang nyanyi Indonesian Idol, misalnya Lyodra Ginting, Tiara Andini, dan kontestan lainnya mengunggah postingan dengan memperlihatkan wajah sedih dan tangisan. Hal ini sebagai bentuk kreasi mereka mengekspresikan perayaan Hari Kesehatan Mental. 

Banyaknya masyarakat yang merayakan menjadi pengingat bagi masyarakat dunia bahwa Kesehatan mental sudah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat dunia terdampak dari segi ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan