Mohon tunggu...
Rori Idrus
Rori Idrus Mohon Tunggu... Pemulung Hikmah

Pemulung hikmah yang berserakan untuk dipungut, dirangkai menjadi sebuah tulisan dan pelajaran kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Virus Covid-19 Menjalar Menjadi Virus Kelaparan dan Virus Kejahatan

28 April 2020   18:44 Diperbarui: 28 April 2020   18:40 168 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virus Covid-19 Menjalar Menjadi Virus Kelaparan dan Virus Kejahatan
(Gambar Ilustrasi: kompas.com)

Dampak negatif ekonomi yang ditimbulkan oleh virus Covid-19 hampir dirasakan oleh seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia, banyak pekerja yang di-PHK, pelaku usaha sudah gulung tikar, pengangguran meningkat dan rakyat miskin kelaparan.

Sementara hari ke hari angka kasus penyebaran virus Covid-19 masih terus bertambah, tercatat hingga hari ini sebanyak 9.511 orang dinyatakan positif Covid-19, meninggal dunia 773 orang dan yang dinyatakan sembuh 1.254 orang.

Seiring dengan dampak negatif ekonomi yang ditimbulkan, akhir-akhir ini kasus kriminal kian meningkat, selain virus Covid-19 yang menyebabkan kematian, virus kelaparan pun sudah membuat orang-orang nekat berbuat jahat, di tambah virus kejahatan dari beberapa mantan napi asimilasi.

Sekarang kita mulai mendengar berita perampokan, pencurian, curanmor, jambret, begal terjadi dimana-dimana, bahkan belum lama begal terjadi di desa saya yang selama ini aman-aman saja, meskipun alhamdulillah aksi begal berhasil digagalkan.

Kami sebagai warga negara sangat berharap aparat kepolisian bekerja ekstra demi mencegah terjadinya berbagai aksi kejahatan dengan motif kebutuhan ekonomi, memang untuk urusan perut yang lapar maka orang bisa nekat melakukan apa saja.

Usaha yang bisa dilakukan sebagai masyarakat, mari gotong royong saling menjaga lingkungannya masing-masing baik dari bahaya virus Covid-19 maupun dari bahaya berbagai macam jenis virus kejahatan dengan motif kebutuhan ekonomi.

Jaga malam atau ronda yang sudah berjalan di tiap RT agar ditingkatkan dan yang belum supaya bisa segera digerakkan oleh pihak-pihak terkait, ini demi menjaga lingkungan dari segala macam tindak kejahatan.

Gotong royong dan kerjasama yang baik antar masyarakat sangat menentukan keberhasilan negara memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan juga mencegah terjadinya berbagai aksi kejahatan dengan motif kebutuhan ekonomi ditengah situasi yang semakin sulit.

Untuk memutus rantai penyebaran virus maka kita tetap disiplin dirumah saja, lindungi diri dan lindungi sesama, semoga kita semua selamat dari virus Covid-19 dan dari berbagai macam virus kejahatan dengan motif kebutuhan ekonomi. Aamiin

Salam hangat, salam semangat dan salam sehat selalu.

Rori Idrus
KBC-57 Brebes Jawa Tengah
(Lawan Corona Pakai Konten)

VIDEO PILIHAN