Mohon tunggu...
Rooy John Salamony
Rooy John Salamony Mohon Tunggu... Administratur. Penulis. Triathlete. Pecinta seni.

Saya kompasianer terverifikasi yang membuka blog baru karena lupa kata sandi.

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Kidz Triathlon Triathlon Buddies 2019 Memperkenalkan Triathlon Sejak Dini

11 Desember 2019   16:53 Diperbarui: 11 Desember 2019   16:59 66 0 0 Mohon Tunggu...

Komunitas Triathlon Buddies menggelar event triathlon anak (Kidz Triathlon) pada tanggal 23 November 2019 bertempat di The Spring Club, Summarecon Tangerang. Event non competetive race dengan  tema besar "fun and kids friendly" ini  ditujukan untuk memperkenalkan olahraga triathlon kepada pecinta multy sport di usia dini. Partisipan terbagi atas tiga kategori kelompok umur yaitu kategori A (anak berusia 5 hingga 7 tahun), kategori B (anak berusia 8-10 tahun) dan kategori C (anak berusia 11-13 tahun). 

Partisipan kelompok A wajib menyelesaikan lomba cabang olahraga renang sejauh 50 meter, bersepeda sejauh 2 kilometer dan berlari 1 kilometer. Partisipan kelompok B wajib menyelesaikan lomba cabang olahraga renang sejauh 100 meter, bersepeda sejauh 4 kilometer dan berlari sejauh 2 kilometer. Sementara partisipan kelompok C ditantang untuk menyelesaikan lomba 200 meter renang, 6 kilometer bersepeda dan 3 kilometer lari.

Memasuki tahun kelima pelaksanaan kidz triathlon, event ini terasa semakin meriah sebagai arena pembelajaran bagi para calon triathlete. Tercatat lebih dari 300 anak, laki-laki dan perempuan, ikut ambil bagian dalam kidstri 2019. Panitia pelaksana sendiri memberikan pelayanan optimal pada fase persiapan lomba, pelaksanaan lomba dan usai lomba. Pada fase persiapan panitia menyediakan race guide yang berisi panduan apa dan bagaimana arena kidstri, link pendaftaran yang mudah diakses, acara pengambilan race pack hingga kelas khusus pengenalan lomba kidstri.  Pada fase pelaksanaan panitia menyediakan arena lomba yang aman dan nyaman dengan didukung timing chip, waterstation, marka lomba serta petugas medis profesional. Pada fase usai lomba, panitia menyediakan link hasil lomba dan link foto pelaksanaan lomba. 

Secara umum dapat dikatakan inilah arena pembelajaran triathlon yang tepat bagi para triathlete cilik. Semua aturan triathlon diperkenalkan di sini. Hal pembeda hanyalah ini adalah ajang lomba bagi anak-anak.

Mempersiapkan Anak Menuju KidzTri

Kids are fearless. Itu  ungkapan tepat saat kita berdiri dan menyaksikan anak anak yang datang ke ajang Kidz Triathlon mempertontonkan kebolehannya.  Mereka tidak peduli bahwa tinggi air kolam melebihi tinggi badan mereka. Mereka tidak memikirkan bagaimana berebutan jalan sempit di belokan track sepeda. Mereka juga tidak memberi kesempatan bagi siapa pun untuk mendahului mereka di track lari. Mereka benar-benar menampilkan sesuatu yang mungkin tidak pernah dibayangkan oleh Bapak Ibu mereka sendiri. Mereka luar biasa.

Karenanya, kita sebagai orang tua memiliki sejuta alasan untuk mempersiapkan mereka sebaik mungkin sebelum mereka turun berlomba. Saya memiliki tiga tips kepada para orang tua yang akan mendorong anak-anaknya berkontes di kidz triathlon.

 Pertama, pastikan bahwa anak anak dapat berenang dengan baik.  Apa yang dimaksud dengan berenang baik? Berenang baik adalah berenang sesuai tehnik yang benar. Untuk bisa berenang baik seorang anak sebaiknya berlatih didampingi oleh instruktur atau pelatih renang. Kita dapat memasukan anak anak ke klub atau sekolah berenang atau jika kita dapat menyewa pelatih privat, kita bisa mengatur jadwal latihan pribadi sesuai kebutuhan. Apapun itu, pastikan bahwa sang anak bisa berenang baik sebelum ia mengikuti ajang kids triathlon.

Kita sebagai orang tua akan membuat mereka kecewa jika mereka tidak dapat menamatkan cabang olahraga renang sesuai jarak yang telah ditentukan. Dalam triathlon, seorang triathlete tidak dapat meneruskan matra lomba berikut jika matra lomba pertama tidak selesai. Karena itu berikan anak anak motivasi dan semangat agar mereka dapat berenang dengan baik.

Kedua, berikan kepada anak anak sepeda yang sesuai dengan usia dan ukuran tinggi badannya. Kesulitan utama anak anak yang berlomba di Kidz Triathlon terletak pada fakta bahwa rata-rata sepeda anak terbuat dari bahan besi yang berat sehingga cenderung menyulitkan mereka saat mereka menuntun sepeda keluar dan masuk area transisi. Lebih mudah bagi mereka untuk mengayuh sepeda dari atas sadel daripada mendorong sepeda sambil berjalan atau berlari.

Pilihlah sepeda yang sepadan dengan ukuran tubuh mereka , atau paling tidak, tidak membebani mereka saat mereka harus menuntun sepeda masuk keluar area transisi. Cabang olahraga sepeda memberikan kontribusi signifikan pada total catatan waktu para triathlete cilik. Karena itu berikan mereka sepeda yang sesuai kebutuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x