Mohon tunggu...
Ronald Wan
Ronald Wan Mohon Tunggu... Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Love to Read | Try to Write | Twitter: @ronaldwan88 | Diarysaham.com | email: ronaldwan@diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Risiko Kehilangan Aset yang Sering Diabaikan

17 Maret 2020   06:00 Diperbarui: 17 Maret 2020   10:10 154 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Risiko Kehilangan Aset yang Sering Diabaikan
Pixabay.com

Definisi aset menurut Investopedia adalah sumber daya bernilai ekonomi yang dimiliki oleh perorangan atau perusahaan.

Bukan hanya dimiliki namun juga bisa hanya dikuasai sementara seperti sewa misalnya. Aset diharapkan bisa memberikan keuntungan di masa depan. Dengan memberikan penghasilan atau nilai ekonominya meningkat.

Sebagai contoh ketika kita memiliki ruko maka kita bisa berharap ruko tersebut bisa memberi penghasilan dari sewa dan juga bisa berharap adanya peningkatan harga ruko tersebut di masa depan.

Pengertian Aset

Banyak orang berpendapat bahwa jika kita membeli sesuatu barang tahan lama berarti kita mengumpulkan aset. Pertanyaannya adalah apakah barang tahan lama tersebut bisa memberikan keuntungan di masa depan?

Jika kita membeli laptop misalnya, jika hanya disimpan dan tidak digunakan untuk menghasilkan uang maka itu bukan aset menurut pendapat saya. Karena nilainya akan semakin menurun setiap tahunnya.

Lain halnya jika laptop itu digunakan untuk bekerja. Kita memperoleh penghasilan yang pada akhirnya bisa menutupi biaya pembelian laptop tersebut dan bahkan bisa  memperoleh keuntungan. Keuntungan yang merupakan kelebihan nilai penghasilan setelah dikurangi biaya penggunaan dan pembelian laptop.

Risiko Kehilangan Aset

Kita bekerja keras dan menabung hasil kelebihan penghasilan setelah dikurangi biaya-biaya. Tetapi sering kita lupa bahwa bunga tabungan pada umumnya lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai inflasi. Sehingga sebenarnya nilai uang yang kita kumpulkan berkurang setiap tahunnya akibat inflasi.

Inflasi secara sederhana adalah kenaikan harga barang yang menyebabkan nilai uang berkurang. 20 tahun yang lalu membeli sepeda motor baru mungkin cukup 10 juta, sekarang sedikitnya membutuhkan uang senilai 15 juta.

Nilai uang 10 juta berkurang karena harga barang meningkat sehingga tak cukup lagi dibelikan sepeda motor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x